Ambon, 10/7 (Antara Maluku) - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 di Kecamatan Batubual, Kabupaten Buru, Maluku, yang dibuka Bupati Ramli Umasugi pekan lalu, berjalan lancar.

Kepala Penerangan Korem 151/Binaiya Mayor Czi Gerald Tobing kepada wartawan di Ambon, Senin, mengatakan kegiatan fisik dan non fisik TMMD ke-99 di wilayah Kodim 1506/Namlea yang masuk wilayah Batabual berjalan sesuai dengan rencana.

Kegiatan fisik terdiri dari pembangunan Taman Pengajian Qur`an (TPQ) di Desa Pela, perluasan teras masjid, tempat wudhu dan pemasangan keramik di Desa Batujungku, serta renovasi masjid dan pembuatan saluran air (got) sepanjang 50 meter di Desa Waemorat.

"Pembangunan fisik saat ini sedang dikerjakan berupa pembuatan pondasi dan penimbunan, melibatkan aparat TNI dan Polri serta masyarakat Desa Pela," kata Mayor Gerald.

Selain kegiatan fisik, Satgas TMMD juga melaksanakan kegiatan non fisik di tiga desa di Kecamatan Batubual, meliputi penyuluhan hukum, penyuluhan kesehatan dan pengobatan massal, dan penyuluhan wawasan kebangsaan.

"Kegiatan TMMD ke-99 kali ini sangat membantu mengatasi kesulitan masyarakat di tiga desa tersebut, mengingat lokasinya yang cukup jauh bahkan menyeberang laut," katanya.

Ia menjelaskan dalam kegiatan TMMD ke-99, Kodim 1506/Namlea mendapat kepercayaan karena melaksanakan dua kegiatan bakti TNI berupa pembangunan prasarana peribadatan dan pembuatan saluran air, serta pencetakan sawah baru.

Kegiatan cetak sawah baru berlokasi di tiga kecamatan yakni Waeapo, Lolong Guba Waelata, luas lahan keseluruhan mencapai 1.600 hektare dan dikerjakan sejak Februari 2017.

"Saat ini masih dalam tahap pekerjaan di sejumlah lahan dengan menggunakan alat berat yang dioperasikan oleh personel TNI Korem 151/Binaiya. Lahan sawah itu akan digunakan oleh masyarakat tiga kecamatan tersebut, khususnya petani padi untuk meningkatkan produksi padi dan gabah," katanya.

Mayor Gerald menambahkan, Pangdam Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo, saat melakukan peninjauan ke lokasi pada Sabtu (8/7), mengapresiasi kegiatan TMMD dan pencetakan sawah baru itu.

"Bapak Pangdam memberikan atensi yang sangat besar terhadap dua kegiatan tersebut, karena selain membangun sarana peribadatan juga mencetak sawah baru," katanya.

Pewarta: Rofinus E. Kumpul

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017