Ambon, 14/7 (Antara Maluku) - Kodim 1503/Tual menggelar panen perdana cabe di kebun percontohan seluas 0,25 hektare yang dirintis dan dikelola secara bersama dengan masyarakat Kota Tual.

Dandim Tual Letkol Arh Hilarius Karnedi dalam siaran pers yang diterima Antara di Ambon, Jumat, menyatakan kebun percontohan tersebut ditanami sekitar 2.000 pohon cabe dan menghasilkan sekitar 20 kilogram per minggu.

"Jika dilihat harga cabe saat ini yang mencapai Rp80.000/Kg, maka hasil panen tersebut bernilai Rp1,6 juta setiap minggu," katanya..

Ia mengatakan, apabila tanaman cabe itu nanti bertambah besar, maka hasil yang didapat juga semakin bertambah.

"Saat ini rata-rata hasil panen tiap tiga hari bertambah 3kg, umur tanaman empat bulan dengan tinggi rata-rata 50cm. Tanaman ini dapat dipanen sampai umur sekitar satu tahun," kata Letkol Hilarius.

Ia juga menyatakan penanaman cabe ini cukup membantu kesulitan rakyat di sekitar kebun percontohan dan Satuan yang melaksanakan program tersebut, serta bisa memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kota Tual.

Menurut Dandim, kegiatan yang digalakkan Kodim 1503/Tual ini mendapat respon positif dan apresiasi dari semua kalangan terutama pemerintah daerah dan masyarakat Tual.

"Ini juga menunjukkan keseriusan Kodam XVI/Pattimura dalam memajukan sektor perkebunan yang akrab di sebut Program Emas Hijau di wilayah Maluku maupun Maluku Utara," katanya.

Pewarta: Rofinus E. Kumpul

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017