Ambon, 19/7 (Antara Maluku) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) kota Ambon akan menggelar lomba cipta lagu pop daerah menyongsong Hari Ulang Tahun (HUT) kota Ambon ke- 442 tahun.

"Kami membuka pendaftaran bagi warga kota yang akan mengikuti lomba cipta lagu pop "Terus Benahi" Ambon sesuai dengan tema HUT kota ke - 442 pada 2017," kata Kepala Disparbud kota Ambon, Henry Sopacua, Rabu.

Pendaftaran lomba cipta lagu pop telah dilaksanakan sejak awal Juli hingga 8 Agustus 2017, selanjutnya akan dilakukan seleksi oleh tim juri.

Lomba cipta lagu digelar guna meningkatkan kreatifitas generasi muda Ambon atau masyarakat pencinta musik agar terus berkarya dibidang cipta lagu musik dan aransemen musik.

Selain meningkatkan kreatifitas generasi muda Ambon, tetapi juga dalam rangka mendapatkan satu lagu tema yang akan diusung panitai HUT kota Ambon.

Ia mengatakan, lomba cipta lagu terbuka untuk umum tanpa biaya pendaftaran karena pihaknya membuka kesempatan bagi siapa saja yang memiliki potensi menciptakan lagu sesuai standar cipta.

"Warga kota Ambon yang memiliki bakat dapat mendaftarkan di Disparbu Ambon, selanjutnya akan diseleksi awal minggu ke dua Agustus 2017,` ujarnya.

Pemenang dijadwalkan iumumkan pada awal Sepetember 2017 dan lagu yang menang akan dibawakan saat puncak acara HUT kota Ambon, serta rangkaian kegiatan HUT.

Diakuinya, musik merupakan sarana pemersatu dan mampu menembus sekat-sekat perbedaan sehingga sangat penting untuk dijadikan media membangun persaudaraan dan perdamaian yang hakiki di Ambon dan Maluku pada umumnya.

"Semua ini dapat terwujud melalui kerja keras semua komponen untuk memelihara dan meningkatkan perdamaian serta pola hidup orang basudara (bersaudara) di Ambon dan Maluku," tandas Henry.

Pihaknya juga akan mengaktifkan kegiatan Harmoni sudut kota di sejumlah lokasi di Ambon menyongsong even bintang radio nasional dan Asean pada 20-27 Agustus 2017.

"Harmoni sudut kota akan diaktifkan kembali satu pekan sebelum penyelengaraan even nasional bintang radio. Kegiatan musik sudut kota akan difokuskan di bandara internasional Pattimura sebagai pintu masuk dan beberepa tempat," tegas Henry.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017