Ternate, 27/7 (Antara Maluku) - Tim analisis dari Pusat Teritorial TNI Angkatan Darat yang dipimpin oleh Letkol Infanteri Adrian Kadek terjun ke lapangan mengadakan evaluasi hasil TMMD di wilayah Kodim 1508/Tobelo dan Kodim 1505/Tidore, Maluku Utara.

Ws. Kapenrem 152/Babullah Lettu Inf. Heru Darujito dalam siaran persnya yang diterima Antara di Ternate, Kamis, mengatakan bahwa kedatangan tim juga untuk bersilaturahmi dengan tokoh-tokoh masyarakat setempat sekaligus memberikan informasi aktual terkait dengan terorisme, radikalisme, dan narkoba.

Menurut dia, kehadiran tim analisis Pusat Teritorial TNI AD ke wilayah Maluku Utara adalah untuk mengukur sejauh mana manfaat dari TMMD yang telah dilaksanakan pada tahun 2016.

Karena TMMD bertujuan membantu pemerintah daerah dalam mengakselerasi pembangunan di daerah, baik secara fisik maupun nonfisik, agar dapat selaras dengan daerah lainnya di Indonesia, sementara kepentingan TNI dalam perspektif pertahanan adalah terciptanya kemanunggalan TNI dan rakyat.

Setelah melakukan dialog di Makodim, tim mengadakan peninjauan langsung ke Desa Leleoto, Kecamatan Tobelo Selatan, Kabupaten Halmahera Utara yang dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pengisian angket tanggapan masyarakat atas pelaksanaan TMMD.

Dalam kesempatan tersebut, Kades Leleoto mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih dan mendukung penuh kegiatan TMMD. Bahkan, apabila diperbolehkan, kegiatan TMMD mendatang dilaksanakan kembali di desa mereka.

Tim kemudian melanjutkan perjalanan ke Kao Utara. Selanjutnya, menyeberang ke wilayah Kodim 1505/Tidore, tepatnya di Kecamatan Wasilei, Kabupaten Halmahera Timur dengan agenda yang sama.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017