Ambon, 28/7 (Antara Maluku) - Sedikitnya tiga bakal calon gubernur yang akan mengikuti pilkada serentak kepala daerah tahun 2018 telah mengambil formulir pendaftaran di Dewan Pimpinan Provinsi PKP Indonesia Maluku dari kubu Haris Sudarno.

"Sejak pendaftaran dibuka pada Rabu, (26/7) ada tiga balon kepala daerah yang telah mendatangi tim penjaringan untuk mengambil berkas pendaftaran," kata Ketua DPP PKP Indoensia Maluku, Yosep Sikteubun di Ambon, Jumat.

Dua bakal calon gubernur yang mengambil formulir pada hari pertama pembukaan pendaftaran adalah Tagop Sudarsono Soulissa dan Angelina Pattiasina.

Menurut Yosep, masing-masing tim pemenangan kedua balon kepala daerah mengambil formulir pada Rabu, (26/7) dan balon gubernur lainnya, Max Yoltuwu mengutus tim pemenangannya untuk mengambil formulir.

Pembukaan pendaftaran balon gubernur dan balon wagub ini akan berlangsung hingga Sabtu, (29/7) dan proses pengembalian berkasnya dibuka mulai tanggal 2 - Agustus 2017.

"Keputusan membuka pendaftaran ini diambil setelah DPP PKP Indonesia kubu Haris Sudarno melakukan rapat koordinasi pada tanggal 22 Juli 2017, dan rapat itu juga memutuskan DPP mengambil alih pendaftaran balon bupati dan wabub Kabupaten Maluku Tenggara," ujar Yosep.

Kebijakan ini diambil karena di Maluku Tenggara belum terbentuk struktur kepengurusan PKP Indonesia kubu Haris Sudarno di wilayah itu.

Dia menambahkan, kepengurusan DPK PKP Indonesia Malra memang sudah membuka pendaftaran tetapi mereka adalah kubu Hendro Priyono yang struktur pengurusnya telah dibekukan berdasarkan putusan PTUN Jakarta.

"Makanya kami akan mengirim kader dari DPP untuk membuka pendaftaran balon bupati dan wakil bupati," katanya.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017