Tual, 1/8 (Antara) - Sebanyak 19 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayattulah Jakarta, yang tergabung dalam tim Ekspedisi Nusantara Jaya, saat ini berada di Desa Lebetawi, Kota Tual untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Kegiatan yang dilakukan tim ekspedisi tersebut di Desa Lebetawi, Kecamatan Dullah Utara, mencakup bidang pendidikan, kesehatan, keagamaan, dan pemberdayaan potensi yang ada.

Ketua Rombongan Mahasiswa UIN Syarif Hidayatulah Jakarta, Reza Iqbal Fahrozi mengatakan, program KKN yang dilakukan bersinergi dengan Program Kementerian Pariwisata Bidang Kemaritiman, yang menggandeng 45 Universitas di Indonesia.

Menurut dia, Desa Lebetawi sebagai salah satu desa pesisir di Kota Tual memiliki potensi yang begitu besar, terutama di bidang kemaritiman.

Sasaran program ekspedisi adalah membangun sumber daya manusia di desa tersebut agar dapat mengolah potensi yang ada demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakatnya.

"Tujuan ekspedisi ini tidak jauh dari program Presiden Joko Widodo, yang mencanangkan Indonesia sebagai poros maritim dunia," katanya.

Sesuai rencana, 19 mahasiswa UIN Syarif Hidayatulah Jakarta itu akan menetap selama satu bulan di Desa Lebetawi.

Assisten III Pemerintah Kota Tual, Samsudin Tamher, mengatakan kedatangan tim ekspedisi Nusantara Jaya 2017 di Tual untuk KKN di Desa Lebetawi merupakan hal yang positif bagi masyarkat di desa tersebut.

Para mahasiswa yang tergabung di dalamnya diharapkan dapat memetakan seluruh potensi yang ada di Desa Lebetawi, sehingga dapat dibangun dan dikembangkan.

"Potensi yang sudah diketahui bersama yakni pariwisata dan perikanan, sehingga itu benar-benar menjadi prioritas unggulan yang harus dicermati oleh tim ekspedisi ini," katanya.

Ia juga meminta pemerintah Desa Lebetawi dapat dapat menerima tim ekspedisi itu dengan baik, dan masyarakatnya mendukung dengan membantu kelancaran aktivitas para mahasiswa, dan saling bertukar pikiran.

Tim Ekspedisi Nusantara Jaya yang beranggotakan para mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tiba di Tual menggunakan Kapal Pelni. Mereka disambut Asisten III Samsudin Tamber dan Kabag Humas dan Protokoler Pemkot Tual Moksen Ohoiyuf.

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017