Ambon, 2/8 (Antara Maluku) - Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Kota Ambon meraih penghargaan tertinggi di bidang lingkungan yakni tropi Adiwiyata Mandiri 2017.

Tropi Adiwiyata Mandiri diserahkan Presiden Joko Widodo kepada kepala SMAN 4 Ambon, Ny. Henny Haurissa di kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, di Jakarta, Rabu.

SMAN 4 Ambon terpilih mewakili provinsi Maluku untuk kategori sekolah berwawasan lingkungan dan berhasil meraih penghargaan tertinggi di bidang lingkungan.

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy menyampaikan rasa bangga atas prestasi yang diraih SMAN 4 Ambon.

"SMAN 4 saat ini sudah dalam penanganan pemerintah provinsi Maluku. Namun, kita patut berbangga karena sejak awal telah mendampingi dan memberikan motivasi melalui dinas pendidikan dan saat tropi berhasil diraih hal ini menjadi kebanggaan bersama warga kota Ambon," katanya.

Kedepan, pengelolaan sekolah berwawasan lingkungan akan menjadi perhatian terutama untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Pengenalan dan pelestarian lingkungan akan menjadi kebutuhan kita kedepan. Kita harus memulai sejak dini melalui anak usia sekolah," ujar Richard.

Kepala SMAN 4 Ambon, Ny. Henny Haurissa merasa bangga atas penghargaan yang diberikan pemerintah kepada sekolah yang dipimpinnya.

Perolehan tropi Adiwiyata Mandiri merupakan kerja keras seluruh pihak baik dinas Pendidikan, maupun jajaran guru, komite dan siswa SMAN 4 Ambon.

"Penghargaan yang diterima ini menjadi motivasi agar intensif mengelola sekolah yang berwawasan lingkungan, bukan hanya di SMAN 4 tetapi juga di sekolah binaan," katanya.

Pihaknya saat ini sementara membina tiga sekolah lainnya yakni SMPN 9, SMPN13 dan SMAN 3 Ambon agar bisa berprestasi.

"Tiga sekolah yang dibina telah lolos Adiwiyata tingkat kota dan provinsi. Kita akan mendorong agar dapat memperoleh penghargan Adiwiyata mandiri," tandas Ny.Henny.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017