Ambon, 15/8 (Antara Maluku) - Maskapai berbiaya murah Citilink Indonesia memperkuat akses transportasi ke provinsi Maluku dengan membuka penerbangan perdana rute Jakarta - Ambon melalui (transit) Makassar.

"Citilink Indonesia terus melebarkan sayap ke kawasan timur Indonesia dengan membuka rute baru Jakarta - Ambon via Makassar pada 16 Agustus 2017, sebagai bentuk memperkuat posisi Maluku di nusantara, kata Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo, di Ambon, Selasa.

Penerbangan perdana citilink rute Jakarta - Ambon diharapkan dapat memperkuat posisi Maluku di nusantara, terutama di kawasan Indonesia timur.

Juliandra mengemukakan, pembukaan rute baru merupakan bagian dari strategi bisnis Citilink untuk memperkuat konektivitas nusantara, sehingga kekuatan bisnis tidak hanya menyebar di wilayah barat, tetapi juga di wilayah timur sehingga bisa memantapkan posisi citilink sebagai maskapai berbiaya hemat terkemuka di Indonesia.

Citilink pernah melakukan penerbangan perdana Jakarta - Ambon pada 2013, tetapi tidak berlangsung lama, karena terjadi perubahan strategi dari Garuda Indonesia sebagai induk dengan membagi segmen penerbangan ke wilayah timur.

"Kami akan terbang kembali ke Ambon pada 16 Agustus 2017 dan akan menambah akses maupun konetivitas sekaligus menambah jalur penerbangan di Maluku dan sekitarnya," ujarnya.

Dikatakannya, penerbangan ini diharapkan dapat berkontribusi dalam pengembangan industri pariwisata Maluku dengan meningkatkan jumlah wisatawan lokal dan mancanegara.

Selain itu, Citilink Indonesia juga berharap dapat mendukung upaya Pemerintah Kota (Pemkot) mewujudkan Ambon sebagai kota musik dunia dengan menyiapkan pilihan akses transportasi udara dari dan menuju Ambon yang lebih mudah dan terjangkau.

Penerbangan Citilink akan berangkat dari Jakarta pukul 08.35 WIB dan tiba di Ambon pukul 16.35 WIT, setelah sebelumnya transit di Makassar selama 75 menit.

Sedangkan penerbangan Ambon - Jakarta pukul 18.10 WIT dan tiba pukul 21.20 WIB.

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy mengapresiasi penerbangan perdana citilink rute Jakarta - Ambon.

"Pembukaan rute baru ini tentu akan memberikan kepastian bagi wisatawan yang ingin datang, sekaligus sebagai upaya mempercepat pembangunan kota Ambon," katanya.

Penerbangan Rute Ambon - Jakarta merupakan komitmen bersama mewujudkan Ambon sebagai kota musik dunia. Tahun 2019 Unesco dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) akan menetapkan Ambon sebagai kota musik dunia ke 18.

Menuju kota musik dunia berbagai even nasional dan internasional akan digelar di Ambon, sehingga dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak.

"Ambon pada 2020 Ambon juga didorong menjadi destinasi wisata. Ambon memang tidak memiliki Sumber daya alam tetapi sebagai kota jasa perdagangan di provinsi Maluku serta sektor pariwisata dipastikan dapat menunjang upaya menjadikan destinasi wisata," tandas Richard.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017