Ambon, 22/8 (Antara Maluku) - Sebanyak 70 finalis Bintang Radio Indonesia dan ASEAN tampil memukau dewan juri di babak penyisihan tahap pertama yang berlangsung 22- 23 Agustus 2017.

70 finalis yang terbagi menjadi 35 pria dan 35 wanita merupakan perwakilan 65 satker RRI se Indonesia tampil di babak penyisihan tahap pertama di gedung pertujukan Taman Budaya Karang Panjang Ambon, Selasa.

Dewan juri Bintang Radio Indonesia dan ASEAN Agus Wisman mengakui, peserta bintang radio nasional tahun 2017 tampil maksimal dan membanggakan.

"Yang namanya Bintang Radio Nasional itu bagus-bagus terutama hari ini finalis pria semuanya bagus, terus terang kami dibuat pusing dengan penampilan yang keren dan suara yang luar biasa," katanya.

Agus mengatakan, peserta pria seluruhnya memiliki suara yang luar biasa, sedangkan peserta wanita hanya beberapa yang memiliki kualitas.

"Peserta pria umumnya mereka mempunyai timbre suara yang kalau produser dengar pasti bingung untuk memilih, babak penyisihan akan dilanjutkan besok hari baru dapat kita ketahui mana yanga akan lolos ke babak semi final," tandasnya.

Pihaknya akan melakukan seleksi dari 130 peserta akan dipilih peserta yang akan melangkah ke babak final sebanyak 30 orang.

"Harus kami akui jika dibandingkan tahun 2016, tahun ini lebih bagus baik kualitas suara peserta, musik dan ruangannya juga," katanya.

Sementara juri Rika Ruslan menambahkan, peserta BRIA tahun 2017 mempersiapkan diri dengan baik, walaupun ada beberapa peserta yang melakukan kesalahan dengan memilih lagu yang tidak pas degan suara.

"Peserta yang memilih lagu yang kurang tepat dengan jenis suara, sebetulnya juri bisa mendengar walaupun kita membawakan lagu yang mudah dan membawakan bagus kita malah lebih enjoy, dibandingkan lagu yang range berat dibawakan sulit akan berpengaruh pada penilaian," katanya.

Babak penyisihan tahap pertama Finalis kategori wanita perwakilan RRI Medan Manuella H. Pasaribu membawakan lagu Sebuah Rasa milik Agnes Mo, kategori pria Yonathan Andi Darmawan asal RRI Yogakarta membawakan lagu "Jadi aku sebentar saja milik Judika, menjadi finalis pertama pada babak penyisihan pertama.

Sedangkan R.R. Anasthasa Endah Condro perwakilan RRI Mataram membawakan lagu hanya kamu cintaku milik Kamasean, dan peserta perwakilan RRI Ambon, Wilbert Lawalata membawakan Ruang sendiri milik penyanyi Tulus menjadi finalis terakhir.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017