Ternate, 23/8 (Antara Maluku) - Kapolda Maluku Utara, Brigjen Pol Achmat Juri menggelar inspeksi dadakan (sidak) untuk mengecek stok bahan pokok masyarakat di Kota Ternate menjelang perayaan Idul Adha 1438 Hijriah.

"Ini merupakan instruksi Kapolri. Kita memantau stok bahan pokok masyarakat agar tidak terjadinya kenaikan harga," katanya seusai Sidak di gudang Bulog Ternate, Rabu.

Menurut dia, Sidak itu merupakan instruksi Kapolri Jendral Pol.Tito Karnavian dalam rangka memastikan ketersediaan stok dan harga bahan pokok masyarakat menjelang perayaan Idul Adha 1438 Hijriah.

Hasil sidak di Bulog ditemukan stok beras masih mencukupi, bahkan untuk tiga bulan ke depan.

Bulog juga menjamin stok gula kristal dan bawang putih hingga perayaan Iul Adha nanti.

Stok gula kristal saat di gudang Bulog sebanyak 300 ton dengan harga Rp 12.500/Kg.

Sedangkan bawang putih sebanyak 12 - 13 ton dengan harga Rp25.000/Kg. Stok daging sapi di Maluku Utara ketersediaannya juga masih mencukupi, hanya saja masyarakat maluku Utara lebih menyukai mengomsumsi ikan dari pada daging binatang besar.

Kapolda pun memastikan intensif melakukan pengawasan terhadap bahan pokok masyarakat bahan pokok masyarakat melalui Satgas Pangan.

Oleh karena itu, kalau ditemukan adanya penimbunan bahan pokok masyarakat akan ditindak sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan menerapkan prosedur penegakan hukum.

Sedangkan Kepala Bidang Pelayanan Publik Perum Bulog Subdivre Ternate, Malik Abdullah mengemukakan, pihaknya akan melakukan stabilisasi pangan dengan mengubah pola operasi pasar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017