Ambon, 14/9 (Antara Maluku) - Wakil Ketua DPRD Maluku, Richard Rahakbauw menyambut positif kegiatan lomba balap sepeda internasional "Tour de Molvccas 2017" karena sangat menunjang program pariwisata daerah.

"Event internasional dihelat 17-22 September 2017 ini harus didukung semua pihak karena kegiatannya dihadiri peserta dari berbagai negara dan para wistawan asing juga akan berkunjung ke Maluku," kata Richard di Ambon, Kamis.

Sebagai wilayah yang dikenal dengan sebutan pulau rempah-rempah, Maluku memiliki banyak objek wisata alam, sejarah, hingga panorama bawah laut yang memukau tentunya bakal menjadi perhataian masyarakat internasional untuk datang ke Maluku.

Sehingga program pemerintah yang ingin menarik semakin banyak kunjungan para wisatawan mancanegara maupun domestik ke daerah bisa tercapai.

Menurut Richard, rute yang akan dilalui para pebalap sepeda dari berbagai negara ini juga cukup panjang dengan garis star di Kota Ambon menuju Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Maluku Tengah, dan berakhir di Kabupaten Seram Bagian Timur.

Sementara Kabid Humas Polda Maluku, AKBP Richard Tatuh mengaku telah menyiapkan ratusan aparat keamanan gabungan dari unsur Polri bersama TNI untuk menjaga berlangsungnya event tersebut.

Ratusan aparat keamanan gabungan ini akan disebarkan pada berbagai titik di sepanjang rute yang akan dilalui para peserta yang dimulai dari Kota Ambon sampai di Bula, Kabupaten SBT.

"Pengerahan anggota TNI dan Polri ke lokasi tertentu yang memang telah dipetakan oleh pihak panitia penyelenggara," katanya.

Sasaran pengamanannya adalah para peserta lomba, panitia, maupun benda-benda atau bangunan sepanjang rute yang akan dilalui.

Untuk pembukaan lomba rencananya dilakukan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Puji Astuti di kawasan Mangga Dua menuju Lapangan Merdeka Ambon pada Minggu, (17/9) dan etape pertama tanggal 18 September 2017 dari Piru, Kabupaten SBB menuju Masohi, Kabupaten Maluku Tengah dikerahkan 322 personel yang disebarkan pada 120 titik.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017