Ambon, 15/9 (Antara Maluku) - Kodim 1504/Ambon menyerahkan bantuan sepeda motor kepada warga binaannya yang berada di daerah Kudamati, Kota Ambon, Maluku.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo di Aula Makodam XVI/Pattimura di Kota Ambon, Jumat.

Pemberian bantuan itu bertujuan membantu masyarakat Kudamati, termasuk di dalamnya tujuh mantan narapidana yang saat ini tidak mempunyai pekerjaan tetap.

Hal ini dilakukan untuk memberdayakan masyarakat dalam rangka menekan angka pengangguran sehingga kesenjangan sosial yang menjadi penyebab tindakan kriminal bisa diminimalisir.

Menurut Pangdam Doni, memperbaiki sektor kesejahteraan masyarakat memerlukan upaya yang terstruktur, sistematis dan terintegrasi.

"Terintegrasi artinya bagaimana kesiapan semua unsur terkait baik TNI, Polri dan Pemda serta seluruh stake holder (pemangku kepentingan) saling melengkapi," katanya.

Kepala pemuda Kudamati, Peter Lernaya dalam kesempatan itu mengatakan pihaknya sangat besyukur dan berterima kasih mendapat bantuan langsung dari Pangdam XVI/Pattimura.

"Tidak hanya sepeda motor yang akan digunakan untuk mengojek, kami juga menerima bantuan 25 ekor kambing, alat bengkel dan tambal ban," katanya.

Peter mengakui, seringkali tindakan kriminal terjadi akibat masyarakat tidak memiliki pekerjaan atau kegiatan pisitif, sehingga mereka melakukan hal-hal yang tidak diinginkan.


"Smart Power"
Pangdam Pattimura, Mayjen TNI Doni Monardo menyampaikan, melalui program kerja sama Kodam XVI/Pattimura khususnya Kodim 1504/Ambon dengan masyarakat, dapat ditingkatkan kerja sama yang baik dalam menciptakan keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat.

Menurut dia, pendekatan secara "hard power" belum tentu dapat menyelesaikan dan menuntaskan permasalahan yang ada. Karena itu diperlukan juga pendekatan "soft power".

"Semoga bantuan yang disalurkan dapat bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian. Jadilah pelopor tertib lalu lintas dan pelopor ketertiban`keamanan" katanya.

Dirlantas Polda Maluku Kombes Pol Heru Tri Sasono yang hadir dalam acara tersebut dalam sambutannya menyatakan, "Lewat bantuan ini saudara sekalian dapat menjadi pelopor tertib berlalu lintas dan menjadi pelopor ketertiban-keamanan di Maluku. Jika ada hal yang dibutuhkan, kami siap memberikan bantuan," katanya.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017