Ternate, 7/12 (Antara Maluku) - Ribuan warga Ternate, Maluku Utara (Malut) antusias mengikuti kegiatan Bhakti Sosial (baksos) TNI tahun 2017 berupa pengobatan gratis, bertempat di Dhuafa Center Kota Ternate, Kamis.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto di sela acara itu mengatakan, apabila masyarakat yang mendaftar melebihi target 6.000 orang, maka tidak perlu khawatir karena TNI akan mewadahi kembali kegiatan Bhakti Sosial Kesehatan berikutnya yang akan digelar pada minggu ke empat Januari 2018.

Dalam Bhakti Sosial itu dilaksanakan layanan Pengobatan Umum, Operasi Bibir Sumbing, Khitanan Massal, Operasi Katarak, Pengobatan Gigi, Penyerahan Kacamata Baca, Alat Bantu Dengar dan Kursi Roda.

Kegiatan tersebut mendapatkan respon positif dari masyarakat, terlihat dari membludaknya jumlah pasien yang akan berobat.

Kendati petugas pendaftaran kerepotan, hal tersebut tidak mengurangi semangat mereka melayani dan memberikan pengobatan secara gratis kepada masyarakat.

Kegiatan pengobatan itu sendiri sebetulnya telah dimulai dua hari sebelumnya di RS Tk. IV Ternate atau yang dikenal dengan Rumah Sakit Tentara (RST), antara lain Operasi Bibir Sumbing dan Operasi Katarak.

Dalam pelayanan itu, satu persatu pasien yang telah mendapatkan pengobatan maupun khitanan keluar dengan wajah sumringah bahagia.

Dua orqng saudara kembar Fauzan Karim dan Farhan Karim yang diantar oleh ibunya mengaku senang setelah dilakukan khitan, "sedikit sakit tapi senang karena dapat tas sekolah."

Bhakti Sosial ini diselenggarakan atas kerjasama Mabes TNI, Dinas Kesehatan Angkatan, Asosiasi Dokter Spesialis Mata Indonesia, Smile Train, Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Kota Ternate serta Kodam XVI/Pattimura.

Kegiatan ini juga merupakan bentuk kepedulian sosial TNI kepada masyarakat Maluku Utara dalam rangka meningkatkan kemanunggalan TNI dan Rakyat. Pembukaan bakti sosial ditandai dengan pemukulan gong serta dihadiri oleh Gubernur Maluku Utara yang diwakili Sekprov Muabdin Rajab, Kapuskes TNI Mayjen TNI dr. Ben Yura Rimba, MARS., Kapuskes AU, Rombongan dari Mabes TNI, Forkopimda Malut dan Kota Ternate serta para Pasien dan pengantar Pasien.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017