Ambon, 15/12 (Antara Maluku) - Komando Resor Militer (Korem) 151/Binaiya menggelar Latihan Penanggulangan Bencana Alam (Latgulbencal) di lapangan Komando Distrik Militer (Kodim) 1502/Masohi.

Siaran pers Penerangan Korem 151/Binaiya yang diterima Antara di Ambon, Jumat menyebutkan, kegiatan itu diawali dengan Upacara Pembukaan Latihan dipimpin oleh Komandan Batalyon Infanteri 731/Kabaresi Mayor Inf Indra Hirawanto selaku Irup, yang diikuti oleh Personel Kodim 1502/Masohi dan Batalyon 731/Kabaresi.

Danyon Indra saat membacakan amanat Danrem 151/Binaiya mengatakan latihan ini dapat menjadi modal dasar bagi unsur atau komponen yang terkait dengan Satgas Penanggulangan Bencana Alam (PBA), sesuai dengan tuntutan tugasnya dalam menanggulangi dan mengantisipasi setiap kemungkinan bencana alam yang timbul sewaktu-waktu di wilayah Maluku Tengah.

Ia juga mengatakan setiap unsur atau komponen Satgas PBA memiliki peranan yang sangat penting dan strategis, sehingaga setiap individu harus mampu melaksanakan tugasnya dengan profesional dan proporsional.

"Sungguh-sungguh dan ikhlas, dan tidak bersikap apatis, agar tidak terjadi keterlambatan dalam penanganan, karena setiap bencana alam harus dapat ditangani secara cepat, tepat dan tuntas agar tidak menimbulkan kerugian besar baik harta benda maupun nyawa manusia," katanya.

"Dengan adanya latihan ini, peserta latihan dapat meningkatkan pemahaman, wawasan dan lebih mengerti taktik dan teknik serta mekanisme penanggulangan bencana alam dan dapat mengaplikasikannya di lapangan dalam rangka tugas penanggulangan bencana alam secara menyeluruh, karena para peserta akan dibekali beberapa materi pengetahuan danketerampilan tentang penanganan bencana alam, sehingga para peserta latihan memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan teknis yang cukup dan memadai," katanya menambahkan.

Latihan tersebut diawali dengan pengenalan teori drill teknis dan taktis (drilnistis) di ruangan Aula Makodim 1502/Masohi yang disampaikan oleh Pasi Komsos Korem 151/Binaiya Mayor Inf La Muhamad tentang gambaran bencana di wilayah Maluku Tengah, kemudian dilanjutkan dengan praktik di lapangan tentang evakuasi korban oleh Pasi Ops Korem 151/Binaiya Mayor Inf Wahyu Yunus.

Pewarta: Rofinus E. Kumpul

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017