Korem Binaiya Juara Umum Ton Tangkas Kodam Pattimura

Korem Binaiya Juara Umum Ton Tangkas Kodam Pattimura

Nomor renang dalam lomba peleton tangkas antarsatuan Kodam XVI/Pattimura 2017 (Pendam 16)

Ambon, 17/10 (Antara Maluku) - Korem 151/Binaya menjadi juara umum Lomba Peleton Tangkas (Ton Tangkas) antarsatuan jajaran Kodam XVI/Pattimura, setelah berhasil mengumpulkan sedikitnya 12 poin, Senin.

Korem 151/Binaya menjadi juara umum karena mengumpulkan poin terbanyak dari tiga materi ketangkasan yang dilombakan, yakni menembak senapan jarak 100 meter sikap berdiri, menembak pistol (slow fire dan rapid fire) jarak 20 meter dan renang militer dasar jarak 50 meter.

Dibuka oleh Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Tri Soewandono di Lapangan Tembak Yonif Raider 733/Masariku, Desa Waiheru, Kecamatan Baguala, perlombaan tersebut diikuti oleh tim dari satuan Makodam XVI/Pattimura, Korem 151/Binaiya, Korem 152/Babullah dan Rindam XVI/Pattimura.

Tiap-tiap tim satuan yang berlomba terdiri dari 10 orang, karena semua materi ketangkasan yang dipertandingkan dibagi dalam klasifikasi kepangkatan mulai dari kelompok Komandan Satuan (Dansat), Letkol-Kolonel, Letkol, Mayor, Kapten, Letnan, Pembantu Letnan, Sersan, Kopral dan kelompok Prajurit.

Korem 151/Binaya mendapatkan poin pertama mereka dari materi ketangkasan menembak jarak 100 meter sikap berdiri kategori kelompok Dansat yang dimenangkan oleh Kolonel Inf Chr. K. Tehuteru, dengan perolehan nilai sebanyak 83 poin.

Poin kemenangan itu, kemudian ditambahkan oleh Letkol Kav. Shindu H. yang berhasil memenangkan mata lomba yang sama untuk kategori kelompok Kolonel dengan penilaian sebanyak 85,003 poin, dan Pelda Heri Sutrisna untuk kelompok Pembantu Letnan, dengan nilai 87,001 poin.

Sedikitnya ada 817,006 poin yang berhasil dikumpulkan Korem 151/Binaya pada mata lomba menembak senapan jarak 100 meter sikap berdiri, sehingga memantapkan posisi mereka sebagai juara umum tim kontingen senapan.

Berbeda dengan ketangkasan menembak senapan, untuk materi lomba menembak pistol jarak 20 meter, tim Korem 151/Binaya harus puas di posisi ketiga dengan total nilai 1470,01 poin yang didapatkan dari kemenangan Pelda Heri Sutrisna.

Satuan Korem 151/Binaya kembali mengubah posisi kemenangan mereka di materi ketangkasan renang militer dasar jarak 50 meter, dengan kemenangan Letda Inf. Heru di kategori kelompok Letnan, dan Pelda Heri pada kelompok Pembantu Letnan.

Kemenangan tersebut lalu diperkuat lagi oleh Sertu Yulianus yang berhasil menjuarai kategori renang 50 meter perorangan dengan catatan waktu terpendek, yakni 54 detik, disusul Kopda Ronald pada posisi kedua (58 detik), dan Praka Said Tomia pada posisi keempat (59 detik).

Pada kategori yang sama, Kopda La Irfan dari Makodam XVI/Pattimura meraih juara tiga dengan catatan waktu 58,7 detik, sedangkan juara lima didapatkan oleh Kapten Inf. Rodricho dari Korem 152/Babullah dengan catatan waktu 1,1 menit.

Berdasarkan hasil perlombaan secara keseluruhan, Korem 151/Binaya menjadi juara umum dengan memperoleh 12 poin, disusul Makodam XVI/Pattimura dengan perolehan sembilan poin pada posisi kedua.

Korem 152/Babullah yang juga mendapatkan sembilan poin terpaksa harus menempati urutan ketiga setelah kalah dari Makodam XVI/Pattimura di materi ketangkasan renang, dan posisi terakir ditempati oleh Rindam XVI/Pattimura dengan perolehan nilai tiga poin.

Ton Tangkas adalah kegiatan perlombaan untuk menguji kemampuan prajurit dalam aspek Pembinaan Satuan (Binsat), yang juga bertujuan untuk memperoleh kesamaan pemahaman tentang kebijakan pimpinan Kodam XVI/Pattimura, guna mewujudkan satuan yang siap operasional, membangun inovasi, mengetahui kualitas dan inisiatif Komandan Satuan, serta dapat meningkatkan soliditas kepemimpinannya di lapangan.

Karena itu, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Munardo sempat berpesan dalam dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kasdam XVI/Pattimura Brigjen TNI Tri Soewandono, agar para peserta selalu menjunjung tinggi jiwa dan semangat sportivitas sehingga bisa melahirkan prajurit yang berkualitas.

Ia juga berharap perlombaan Ton Tangkas dapat menjadi sarana untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan di satuan jajaran yang dipimpinnya.

Di pertandingan ketangkasan menembak pistol bedasarkan kepangkatan kepangkatan, Pangdam Doni yang mewakili Makodam XVI/Pattimura berjaya meraih juara satu untuk kelompok Dansat, disusul tiga anggotanya, Mayor Inf. Slamet (kelompok Mayor), Kapten Inf. Raju (kelompok Kapten) dan Praka Frans Tuali (kelompok Prajurit).

Tiga anggota satuan Korem 152/Babullah, yakni Letkol Inf. Abdul Rasyad Rangkuti (kelompok Kolonel), Letkol Inf. Raymond Sitanggang (kelompok Letkol), Serda Ridho Siregar (kelompok Sersan) dan Kopda Victor C. (kelompok Kopral) juga berhasil mendapatkan gelar juara satu pada materi ketangkasan yang sama.

Sedangkan dari satuan Rindam XVI/Pattimura hanya ada Letda Inf. Tutupoho (kelompok Letnan), yang juga berhasil mencatatkan poin kemenangan tertinggi, yakni 192,004 (96%) pada ketangkasan menembak pistol kategori perorangan.

Di kategori tersebut, Serda Ridho Siregar meraih juara dua dengan jumlah nilai 192,001 (96%), kemudian Lettu Inf. Bayu (Makodam XVI/Pattimura) dengan nilai 190,005 (95%), disusul oleh Praka Frans Tuali dan Pangdam Doni dengan perolehan nilai yang sama, yakni 188,002 (94%).



Pada materi pertandingan ketangkasan menembak senapan berdasarkan kepangkatan, Korem 152/Babullah meraih juara terbanyak, yakni Letkol Inf. Raymond Sitanggang (87 poin - kelompok Letkol), Kopda Victor C. (90,001 poin - kelompok Kopral), Praka Bryan P. (94,002 poin - kelompok Prajurit) dan Letda Inf. Angga (82,001 poin - kelompok Letnan).

Dari Makodam XVI/Pattimura, ada Mayor Inf. Slamet (83,001 poin - kelompok Mayor) dan Serka Agus Eko (84,001 poin - kelompok Sersan). Sedangkan dari Rindam XVI/Pattimura hanya ada Kapten Inf. Putu gede (87,002 poin - kelompok Kapten).

Dalam pertandingan ketangkasan terakhir, yakni renang militer dasar jarak 50 meter, khusus klafikasi kepangkatan, Pangdam Doni kembali memimpin juara kelompok Dansat, disusul tiga anggota satuannya, yakni Kolonel Inf. Enoh (kelompok Kolonel), Mayor Inf. Slamet (kelompok Mayor) dan dan Praka Frans Tuali (kelompok Prajurit).

Juara lainnya berasal Korem 152/Babullah, yakni Letkol Inf. Raymond Sitanggang (kelompok Letkol), Kapten Inf. Rodricho (kelompok Kapten) dan Praka Victor C. (kelompok Kopral).

Dari semua materi ketangkasan berdasarkan kepangkatan yang dipertandingkan, Letkol Inf. Raymond Sitanggang tercatat selalu berhasil memenangkan perlombaan yang diikutinya.

Korem 151/Binaya yang keluar sebagai juara umum memperoleh hadiah uang pembinaan sebesar Rp25.000.000, sedangkan untuk juara perorangan, masing-masing mendapatkan uang tunai sebesar Rp1.000.000.