Ambon,19/1 (Antaranews Maluku) - Pemerintah Kota Ambon, Maluku akan meluncurkan Kartu Ambon Sehat (KAS) yang diperuntukkan bagi warga setempat yang kurang mampu.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon Wendy Pelupessy di Ambon, Jumat, menyatakan, Pemkot Ambon dalam waktu dekat akan meluncurkan Kartu Ambon Sehat (KAS) bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan.

"KAS akan diberikan kepada 7.500 jiwa warga kota yang kurang mampu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis di setiap pusat layanan kesehatan di kota Ambon," katanya.

Ia menjelaskan, KAS dibiayai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Ambon untuk membantu warga yang kurang mampu untuk mendapatkan layanan kesehatan.

"Peluncuran program KAS akan ditandai dengan penyerahan kartu kepada warga kota yang akan diserahkan langsung oleh Wali Kota Ambon kepada para penerima," ujarnya.

Menurut Wendy, pihaknya bekerja sama dengan BPJS Kesehatan untuk mendapatkan data warga yang berhak menerima KAS.

Kerja sama dilakukan dengan BPJS karena memiliki data keluarga miskin, selain itu juga dibantu relawan di setiap Puskesmas di lima kecamatan di kota Ambon untuk melakukan pendataan.

"Petugas turun langsung di masyarakat untuk melakukan survei, hal ini dilakukan untuk mengetahui secara pasti masyarakat yang memang masuk dalam kategori kurang mampu, sehingga kartu yang dibagikan, juga tepat sasaran," tandasnya.

Masyarakat penerima KAS katanya, dapat melakukan pengobatan secara gratis di setiap pusat layanan kesehatan di kota Ambon.

"Jika dalam pemeriksaan ada warga yang mederita penyakit yang tidak terlayani dalam KAS maka harus dirujuk ke layanan kesehatan tingkat provinsi maupun ke luar daerah," kata Wendy.

Pihaknya berharap, tahun 2019 seluruh masyarakat miskin di Kota Ambon telah dilayani program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018