Ambon, 24/1 (Antaranews Maluku) - Pemerintah Kota Ambon, Maluku akan mempromosikan industri pariwisata dan kebudayaan Indonesia khususnya Kota Ambon pada pembukaan Festival Tahun Baru Lunar (Imlek) 27 Januari 2018 di Amerika Serikat.

Pemkot Ambon diundang oleh Presiden Asosiasi Kebudayaan Asia Pasifik (APCA) May Lynn Davis sebagai peserta untuk mempromosikan Industri Pariwisata dan Kebudayaan Indonesia khususnya di Kota Ambon mewakili Pemerintah Republik Indonesia pada 27 Januari 2018 di Amerika Serikat, kata Plt Kepala Dinas Informatika dan Komunikasi dan Persandian Kota Ambon Joy Adriaansz di Ambon, Rabu.

"Rombongan yang dipimpin Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy dan Wakil Ketua DPRD Ambon, Rustam Latupono untuk mempromosikan pariwisata dan kebudayaan Ambon di Amerika Serikat," katanya.

Menurut dia, promosi keunggulan Ambon yang diprakarsai Asosiasi Kebudayaan Asia Pasifik tersebut difokuskan kepada masyarakat California Selatan, Amerika Serikat.

Dalam surat undangan yang diterima 25 November 2017 disebutkan, Ambon sebagai bagian dari Asia Pasifik mempunyai banyak hal untuk ditawarkan dan diperkenalkan karena kekayaan dan keanekaragaman budaya yang telah diketahui lewat musik dan tari tradisional yang energik melalui ikatan Pela Gandong sebagai kehidupan masyarakat.

"Festival Tahun Baru Imlek Asia Pasifik (Lunar Fest) merupakan acara tahunan Asosiasi Kebudayaan Asia Pacific yang dilaksanakan pada hari Sabtu setiap akhir bulan Januari untuk menyongsong tahun baru Imlek dan menampilkan beragam budaya dari Asia Pasifik," katanya.

Joy mengatakan, festival ini mewakili sejarah dan perayaan The Asian Komunitas di Riverside dan Southern California.

Misi APCA adalah untuk meningkatkan kesadaran dan meningkatkan pemahaman tentang Budaya Asia Pasifik Amerika melalui keragaman, pendidikan dan perayaan. APCA berkolaborasi dengan berbagai komunitas dan entitas pendidikan untuk terus menindaklanjuti program budaya dan pendidikan di Southern California.

"Diundangnya Pemkot Ambon diharapkan akan ada investasi dan kemitraan masa depan antara Kota Ambon dan bisnis di Amerika Amerika Serikat," tandasnya.

Ia menyatakan, acara ini juga akan dihadiri beberapa komunitas dari negara-negara seperti, Jepang, China, Vietnam, Filipina, Taiwan yang berpartisipasi untuk mempromosikan budaya dan pariwisata negara-negara se-Asia Pasifik.

"Delegasi Kota Ambon selanjutnya dijadwalkan akan diterima secara langsung oleh Konjen Republik Indonesia untuk Amerika Serikat dan dilanjutkan dengan Bisnis Meeting yang difasilitasi oleh KADIN Indonesia," katanya.

Ditambahkannya, kunjungan tersebut sebagai pejabat Negara Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy telah mendapatkan rekomendasi dari Kemendagri RI melalui suratnya Nomor 098/490/OTDA perihal Izin Perjalanan ke Luar Negeri yang ditandatangani Dirjen Otonomi Daerah Sonny Sumarsono atas nama Menteri Dalam Negeri.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018