Ternate, 7/2 (Antaranews Maluku) - Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) menggelar pelatihan keterampilan bagi para pencari kerja di kota tersebut, Rabu.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan para peserta agar mampu bersaing dan berkompetensi dengan tenaga kerja dari daerah lain," kata Kepala BLK Disnaker Kota Ternate, Marjono Istianto di Ternate.

Dia mengatakan, materi dan metode pelatihan terdiri dari 2 kelompok, pertama kelompok dengan materi fisik, mental dan disiplin (FMD), kedua materi sesuai jurusan masing-masing.

Seluruhnya ada sembilan jurusan yang diterima yakni jurusan sepeda motor, mesin mobil, sekretaris, menjahit, bordir, tata boga, operator komputer, elektronika, dan mesin produksi.

Ia juga mengatakan, untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas para pencari kerja lulusan SMA/SMK, pihaknya menggelar pelatihan FMD (Fisik Mental Disiplin) dengan menggandeng unsur TNI sebagai instruktur.

"Pembinaan FMD sendiri adalah sebuah aktivitas pelatihan yang diberikan kepada para peserta yang sedang melaksanakan kursus, pendidikan, penataran, MOS maupun pelatihan-pelatihan lainnya.

FMD itu telah dilakukan pada 5-6 Februari 2018.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai salah satu upaya meningkatkan SDM di daerah serta regenerasi bagi calon pekerja atau pegawai.

Sementara itu, Dandim 1501/Ternate Letkol Inf Abd. Razak Rangkuti, S.Sos menyampaikan bahwa untuk menunjang kegiatan Pembinaan Karakter Building di suatu instansi atau lembaga pendidikan perlu dilatihkan FMD (Fisik Mental Disiplin).

Dengan beragam materi latihan itu, kondisi fisik dan mental peserta akan semakin meningkat, begitu juga kedisiplinan, kekompakan, hingga kemampuan kepemimpinannya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018