Ambon, 7/3 (Antaranews Maluku) - Kodim 1501/Ternate memaparkan berbagai kegiatan yang dilakukan instansi militer itu lewat program siaran langsung RRI Ternate.

Siaran pers Penerangan Korem 1502/ Babullah, Rabu, menyebutkan, Dandim Ternate, Letkol Inf Abdul Razak Rangkuti, Kasdim Mayor Inf. Anton Santoni, Pasiter Kapten Inf. Jani Ch. Paunno dan Ba Harpal Kodim Sertu Ramli Rehalat hadir sebagai narasumber.

Program berdurasi selama 60 menit tersebut dipandu oleh angkasawan Sdr. Cecen, membahas kiprah Satuan Kodim 1501/Ternate khususnya di wilayah Kota Ternate dan Kabupaten Halmahera Barat yang menjadi wilayah teritorialnya, baik dalam hal membantu menjaga kamtibmas maupun melakukan kegiatan teritorial untuk meringankan kesulitan rakyat dan memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan.

Bentuk kegiatannya antara lain menunjang program rutin maupun program unggulan seperti emas hijau, emas biru, emas putih, upsus pajale, pertanian hingga peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Selain itu, program Biogas sebagai sumber energi baru terbarukan, yaitu memanfaatkan sampah-sampah organik yang melimpah di Ternate dan sekitarnya yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi gas alam bagi kepentingan warga.

Biogas juga dapat membantu menjaga lingkungan tetap terjaga dan asri. Sehingga banyak sekali manfaat namun tentu saja memerlukan komitmen bersama dimulai dari pemerintah daerah hingga ke seluruh lapisan masyarakat.

Dandim Abdul Razak Rangkuti menyatakan, setelah sukses dengan berbagai program sebelumnya, kali ini Kodim Ternate memiliki program unggulan baru yaitu pengembangan Biogas sebagai sumber energi baru terbarukan.

"Kita sudah berkomunikasi dengan Pemerintah Kota Ternate maupun Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat, dan keduanya memberikan respon positif.

"Tinggal kita rancang sistemnya agar program ini dapat berjalan secara maksimal. Meskipun kita baru merintis, kita optimis dengan kerja sama semua pihak maka program ini akan berjalan dengan baik dan sukses," katanya.

Pewarta: Jimmi Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018