Ternate, 11/4 (Antaranews Maluku) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sula (Kepsul) menyiapkan dana pelaksanaan Festival Maksaira yang akan digelar pada 15 April 2018 sebesar Rp2,7 miliar.

"Anggaran sebesar Rp2,7 miliar tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2018," kata Ketua Panitia Festival Maksaira, I Ketut Suparjana dihubungi dari Ternate, Rabu.

Dia mengatakan, peserta mancing terbanyak saat ini telah terdaftar sebanyak 3.000 lebih yang tersebar dari 43 desa di Kabupaten Kepsul, sehingga panitia sudah menyiapkan segala hal terkait penyelenggaraan Festifal Maksaira dan Pecah record muri Mancing terbanyak.

"Kami sudah selesai pertemuan dan kami akan siapkan segala hal yang menjadi kebutuhan kegiatan, saat ini sudah ada 3000 lebih peserta yang terdaftar dari 43 desa," kata I Ketut.

Sebelumnya, Bupati Kepulauan Sula, Hendrata Thes menyatakan, Kementerian Pariwisata melalui Deputi Bidang Pemasaran berjanji untuk memberikan dukungan dalam pelaksanaan iven Festival Maksaira.

"Saya sampaikan kepada pemerintah pusat melalui Maksaira berbagai macam potensi yang ada di Sula dan masuk dalam jalur destinasi nasional dari Bali, Wakatobi dan Raja Ampat ini melewati Kepulauan Sula, sehingga melalui maksaira sula dapat dijadikan jalur destinasi wisata nasional," kata bupati.

Selain itu, daerah ini juga menjadi pelayaran International, akan tetapi, daerah kami hanya dilewati tidak disinggahi.

"Melalui iven ini saya sangat berharap pemerintah pusat bisa merubah jalur baik distinasi wisata dan Pelayaran international juga bisa meninggalkan sula," kata bupati.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018