Ternate, 6/5 (Antaranews Maluku) - Fun Trip Kahatola menjadi kegiatan penutup rangkaian satu dekade Festval Teluk Jailolo 2018 di Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara (Malut), yang digelar untuk memperlihatkan keindahan alam tersembunyi di Kecamatan Loloda.

"Selain itu, disajikan keindahan objek wisata di Pulau Sosota, Air Terjun Kahatola, Ngaramabeno dan Tebing Maroporoco serta di sore hingga malam harinya disuguhi BBQ in Pastofiri Island," kata Kasie Pengelolaan Opini Publik, Media Komunikasi dan Informasi Komunikasi Publik, Dinas Kominfo Pemkab Halbar Mohammad Khoiri dihubungi dari Ternate, Minggu.

Dia mengatakan, Pelaksanaan Fun Trip Kahatola ke Kecamatan Loloda Pemerintah Kabupaten Halbar memberikan subsidi berupa penyediaan alat transportasi laut dari dan menuju spot wisata dengan menyewa kapal cepat Express Bahari.

Bertolak dari pelabuhan Jailolo pada pukul 08.00 dengan jarak tempuh sekitar 2 jam perjalanan, 200-an wisatawan yang terdiri wisatawan dalam dan luar negeri ini disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah, sehingga para wisatawan merasa berada di belahan dunia lain.

Dimana, peserta yang ikut dalam rombongan setelah tiba di Ibukota Kecamatan Loloda di Kedi para wisatawan diwakilo oleh Kajari Halbar dan salah seorang wisatawan asing asal korea dilaksanakan upacara adat Joko Kaha, setelah itu para wisatawan di arahkan menuju longboat untuk di bawa ke objek wisata Kahatola.

"Dalam rombongan ada unsur Forkompimda dalam hal ini Kajari Halbar maka beliau dan salah seorang wisatawan asing asal korea yang mewakili para wisatawan untuk mengikuti ritual adat jokokaha tersebut,? kata Khoiri.

Selanjutya para wisatawan kembali ke Jailol tepat pukul 14.30 dan dilanjutkan dengan BBQ in Pastofiri Island hingga malam hari.

"Setelah tiba di Pelabuhan Laut Jailolo dengan kapal cepat Express Bahari para wisatawan bergeser ke speed boad dan dibawa ke Pulau Pastofiri hingga malam hari dalam sebuah paket wisata BBQ in Pastofiri Island," ujarnya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018