Ambon, 16/5 (Antaranews Maluku) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial-Ketenagakerjaan (BPJS-K) Cabang Ambon melaksanakan kegiatan pasar murah di kawasan Tantui, Kelurahan Pandan kasturi, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

"Kegiatan ini merupakan kepedulian BPJS-Ketenagakerjaan dalam menyongsong bulan suci ramadan dimana umat muslim menunaikan ibadah puasa," kata Kabid Umum dan SDM BPJS-Ketenagakerjaan Cabang Ambon Adi Bagus di Ambon, Rabu.

Jadi kegiatan ini kami laksanakan menjelang ibadah puasa, lanjutnya, dan ini merupakan tanggungjawab BPJS-K kepada masyarakat dan para pekerja, sebagai badan usaha pemerintah yang memiliki tanggungjawab sosial lingkungan.

Dia menjelaskan, BPJS-K melaksanakan kegiatan pasar murah di melibatkan delapan kota termasuk Kota Ambon, lainnya seperti di Sulawesi dilaksanakan di Kota Kendari, dan Gorontalo, kemudian di Maluku Utara di Kota Ternate dan empat kota lain dimana BPJS-Ketenagakerjaan itu ada.

"Kalau di Kota Ambon, kami melaksanakan penjualan beberapa jenis kebutuhan pokok antara lain beras, minyak goreng, gula pasir, dan kebutuhan lainnya yang harganya kalau di jumlahkan sesuai dengan harga di pasar tradisional sebesar Rp150.000/paket, tetapi di pasar murah yang kami laksanakan ini di patok harga Rp75.000/paket, jadi setengah harga," ujarnya.

Jadi dalam satu paket itu terdiri dari beras lima kg, minyak goreng dua liter, dua kg gula pasir, dan lainnya.

Sedangkan kupon yang disiapkan sebanyak 500 lembar, dan sudah disalurkan melalui RT/RW yang ada di kawasan lokasi pasar murah.

"Jadi kami hanya melayani masyarakat yang datang sambil menunjukan kupon yang di dapat dari RT atau RW bersama dengan kartu tanda penduduk (KTP)," ujarnya.

Tahun ini kami hanya layani satu titik saja dengan menyediakan 500 kupon, agak lain dari tahun 2017 dimana BPJS-K Cabang Ambon waktu itu menyediakan sedikitnya 1.000 kupon untuk dua titik kegiatan masing-masing di Desa Alang dan Desa Batu merah.

"Jadi untuk tahun 2018 kegiatan pasar murah BPJS-K Cabang Ambon hanya melaksanakan satu kali saja," katanya.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018