Ternate, 30/5 (Antaranews Maluku) - Perwakilan Bank Indonesia (BI) Maluku Utara (Malut) menggandeng perbankan di Kota Ternate untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ingin menukaran uang.

"Ada dua titik keramaian yang kami pilih untuk melayani masyarakat, mulai dibuka 30 Mei hingga 8 Juni 2018," kata Kepala Perwakilan BI Malut, Dwi Tugas Waluyanto dalam siaran pers yang diterima Antara, Rabu.

Dwi mengatakan, kegiatan penukaran di tempat keramaian ini wujud dari program 1.000 titik sinergi Bank Indonesia bersama perbankan dalam melayani negeri.

Dia menjelaskan, untuk 30 Mei hingga 8 Juni dipusatkan di loket perbankan Kota Ternate mulai pukul 09.00 wit hingga 12.00 wit.

Sedangkan untuk jadwal 30-31 Mei dan 5-6 Juni 2018 dipusatkan di Pasar Higienis Bahari Berkesan Gamalama dimulai pukul 10.00 wit hingga 16.00 wit dan kalau diestimasi setiap hari masyarakat melakukan penukaran, berarti antusias masyarakat mengalami peningkatan yang signifikan.

BI Malut saat ini menyediakan uang senilai Rp700 miliar yang disalurkan ke semua bank di daerah itu untuk kebutuhan Ramadan hingga lebaran Idul Fitri.

Selain itu, Perwakilan BI akan melayani penukaran uang bagi masyarakat hingga 8 Juni 2018 melalui mobil kas keliling gunamengantisipasi adanya antrean masyarakat di bank setempat saat menukarkan uang pecahan baru, sebab, operasional BI ditutup 11-18 Juni 2018.

Oleh karena itu, mulai pelaporan LHBU akan berjalan normal setelah 19 Juni 2018, kecuali ada bank yang menyampaikan operasionalnya ke BI Malut.

Dia mengatakan, untuk waktu operasi kas keliling bervariasi, ada yang di mulai pagi hari, ada juga yang di sore hari dan untuk di luar Kota Ternate BI Malut melakukannya di seluruh 9 Kabupaten/Kota menggunakan kapal laut, mobil sewaan ataupun menggunakan mobil kas keliling itu sendiri.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018