Ambon, 26/6 (Antaranews Maluku) - Pemerintah Kota Ambon, membuka akses layanan internet di Kecamatan Leitimur Selatan (Leitisel), guna mewujdukan program daerah ini menuju "smart city" (kota pintar).

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy di Ambon, Selasa, mengatakan pemkot telah meluncurkan program Ambon smart city, guna memudahkan penggunaan dan penyiapan teknologi informasi, tetapi saat ini fasilitas internet? masih dinikmati warga di pusat kota.

"Bagimana mungkin Ambon bisa menjadi smart city jika masih ada wilayah yang belum terakses internet. Kita bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia cabang Ambon, agar pembangunan infrastruktur dan jasa komunikasi bukan hanya di pusat kota tetapi menjangkau Kecamatan Leitisel," katanya saat peluncuran implementasi smart city di Kecamatan Leitisel, Selasa.

Dijelaskannya, perkembangan teknologi yang semakin pesat mendorong setiap elemen masyarakat memanfaatkan teknologi informasi di kehidupan sehari-hari.

Warga perkotaan, menjadi elemen masyarakat pertama yang secara masif mendapatkan informasi mengenai teknologi terbaru, dan hampir seluruh masyarakat di kota mendapatkan akses internet.

Di sisi lain, kata Richard, masyarakat pinggiran kota sangat minim? menggunakan jasa informasi layanan intenet. Perbedaan ini secara tidak langsung menjadikan masyarakat di pedesaan menjadi terisolasi dari dunia maya maupun konsumsi informasi.

"Kurangnya media komunikasi dan informasi yang masuk ke kecamatan terutama akses internet secara bebas oleh rakyat dan masyarakat, sehingga potensi desa dan negeri desa menjadi kurang maksimal dipublikasi," ujarnya.

Ia mengakui, keinginan terbesar paling tidak seluruh desa dan kelurahan di Kota Ambon terjangkau layanan internet.

"Masyarakat, terutama para pelajar kesulitan mengakses internet karena harus ke warnet dengan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, sementara peluang untuk akses wifi di lokasi pusat perbelanjaan dan fasilitas umum lainnya masih terkendala," katanya.

Tahap awal peluncuran program smart city, pihaknya mendapat tanggapan positif dari PT Telkom Witel Maluku yakni dukungan pemberian wifi service di sembilan lokasi di Ambon.

"Dukungan bagi Pemkot Ambon melalui pemberian wifi service di sembilan lokasi sebanyak 10 acces poin, diantaranya kawasan Pattimura Park, halaman balai kota, tugu Leimena Poka, area kantor kecamatan Teluk Ambon, Baguala dan Kantor Dispendukcapil Ambon, setelah ini Kecamatan Letisel juga akan menikmati layanan yang sama, " tandas Richard.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018