Ambon, 6/7 (Antaranews Maluku) - Tim pemenangan pasangan calon Gubernur dan Wagub Maluku nomor urut dua, Murad Ismail-Barnabas Orno (Baileo) mengklaim telah memenangkan pilkada serentak dengan perolehan 322.724 suara atau 40,54 persen dari total 777 ribu lebih suara sah.

"Hasil perhitungan pilkada serentak Gubernur/Wagub Maluku dari tim pemenangan pasangan Baileo menjadi bahan untuk dapat dijadikan sebagai tolok ukur sejauh mana kinerja aparatur pelaksana pilkada ini dan sebentar lagi akan dilakukan pleno KPU provinsi," kata ketua harian tim pemenangan Baileo, Hamdani Laturua di Ambon, Jumat.

Menurut dia, sebagai langkah awal maka tim menganggap ini sangat penting bagi tim Baileo untuk mengedepankan hasil rekapitulasi manual yang dilakukan agar masyarakat dapat mengetahui di mana posisi suara yang sebenarnya diperoleh tim dalam pilkada 27 Juni 2018.

Ketua divisi data tim pemenangan Baileo, Noverson Hukunala menjelaskan, pihaknya merilis data akhir yang masuk dari tim tabulasi data pasangan Baleo di 11 kabpaten/kota sudah selesai dan rekapitulasinya masih tersisa di Kabupaten Maluku Barat Daya yang beberapa kecamatannya belum bisa dilakukan pleno pada tingkat kabupaten karena terkendala cuaca buruk.

"Namun dari sisi datanya, kami sudah melakukan konfirmasi dengan seluruh tim di lapangan dan data yang diinput ini merupakan hasil rekapitulasi di tingkat kecamatan masing-masing di Kabupaten MBD," ujarnya.

Sementara untuk daerah lain sudah 100 persen data hasil rekapitulasi yang masuk dari KPU dan hari ini sudah selesai dua kecamatan dan semalam tersisa Kecamatan Wakate serta Kecamatan Gorom Timur di Kabupaten Seram Bagian Timur.

"Total jumlah TPS di Maluku adalah 3.358 TPS, 100 persen sudah masuk datanya dan dari data tabulasi tim pemenangan Baileo, total perolehan suara sah adalah 777.686 suara," katanya.

Dari jumlah suara yang masuk tersebut, perolehan suara paslon nomor urut satu, Said Assagaf-Andreas Rentanubun (Santun) berjumlah 249.663 suara, paslon Baileo 322.724 suara, dan paslon independen Herman Koedoeboen- Abdullah Vanath (Hebat) 223 ribu lebih suara.

Dijelaskan, jumlah suara sah ini juga sudah termasuk dilakukannya Pemungutan Suara Ulang (PSU) di tujuh TPS di beberapa kabupaten.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018