Ternate, 14/7 (Antaranews Maluku) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Taliabu, Maluku Utara (Malut) menerima 20 mahasiswa Tematik Institut Pertanian Bogor (IPB) yang akan melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di daerah tersebut.

Assisten II Setda Pulau Taliabu, La Hudia Usman dalam siaran pers yang diterima Antara, Sabtu, mengatakan, kerja sama yang baik antara mahasiswa dan pemerintah daerah akan membangun Kabupaten Pulau Taliabu lebih baik lagi.

Dirinya mengharapkan agar para mahasiwa dapat menerapkan ilmu yang telah didapat selama masa perkuliahan di IPB di lingkungan masyarakat khususnya bidang pertanian.

"Saya berharap, ilmu yang didapat para mahasiswa IPB saat kuliah dapat diterapkan di Pulau Taliabu," ujarnya saat menerima para mahasiswa itu di Aula Pemkab Pulau Taliabu.

Selain itu, kata dia, mahasiswa sebagai agen pembaharuan harus mampu memposisikan dan menyesuaikan diri dengan masyarakat selama mengikuti KKN, karena mahasiswa dapat berperan sebagai pemberi informasi, motivator, penghubung antasistem atau fasilitator.

Bahkan, peran ini tidak mudah, karena permasalahan di masyarakat sangat kompleks dan beragam sebagai dampak perkembangan Ilmu pengetahuan dan Teknologi (iptek).

"Sebagai kaum intelektual dan pembaharu, mahasiswa harus memperkaya diri dengan berbagai pengetahuan dan meningkatkan kualitas, sehingga dapat memberikan kontribusi pemikiran bagi suksesnya pelaksanaan pembangunan," katanya.

Dengan konteks ini, diharapkan berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan perguruan tinggi melalui KKN dapat diorientasikan pada penyiapan mahasiswa sebagai sarjana pendamping masyarakat dan upaya pemberdayaan masyarakat desa melalui implementasi tri dharma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Sementara itu, Dosen Pendamping Prof drh Agik Suparyogi mengatakan, kegiatan KKN Tematik Institut Pertanian Bogor (IPB) Tahun 2018 ini diikuti oleh 20 mahasiswa yang akan dimulai tanggal 11 Juli 2018 sampai tanggal 11 Agustus 2018 di Pulau Taliabu.

Kegiatan ini pula sebagai wujud nyata dari kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu dengan Institut Pertanian Bogor yang telah berjalan dengan baik selama ini.

"Kegiatan KKN ini adalah merupakan tugas akademis yang harus dilaksanakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan Pengetahuan dan pengalam bagi para Mahasiswa dan selanjutnya dapat mendesiminasikan potensi wilayah mulai dari mengidentifikasi isu Permasalahan sampai dengan saran dan rekomendasi positif sebagai solusi demi pembangunan di Kabupaten Pulau Taliabu," ujarnya.

"Saya titip agar adik-adik mahasiswa ini dibantu kelancaran pelaksanaan program-program kerjannya, koordinasikan dengan uspika dan tokoh-tokoh masyarakat setempat. Pastikan bahwa dukungan masyarakat dan pemerintah kepada mahasiswa dapat diberikan secara optimal," katanya.

Para mahasiswa ini akan disebarkan ke tiga kecamatan yakni kecamatan Taliabu Barat, Kecamatan Taliabu Utara dan Kecamatan Tabona.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018