Langgur, 20/7 (Antaranews Maluku) - Otorita Bandara Karel Sadsuitubun telah menyiapkan segala sesuatu guna kenyamanan keberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara (Malra).

"Guna kenyamanan dan lancarnya keberangkatan JCH Tual dan Malra, kami telah mempersiapkan segala sesuatu sesuai rapat koordinasi dengan Kantor Kementerian Agama Kota Tual maupun Kabupaten Malra, serta dua pemerintah daerah itu," kata Kepala Bandara Karel Sadsuitubun, Anwar Hamid di Langgur, Jumat.

Ia mengatakan pihaknya bertugas memberangkatkan seluruh JCH baik Tual maupun Malra dari bandara Karel Sadsuitubun dengan baik menuju bandara Sultan Hasanuddin di Makassar, Sulawesi Selatan.

Sesuai jadwal, keberangkatan direncanakan untuk JCH Kota Tual tanggal 21 Juli, sementara JCH Malra diberangkatkan tanggal 23 Juli.

"Maskapai yang digunakan yakni Sriwijaya Air, dan kita sudah koordinasikan kesiapannya untuk keberangkatan JCH menggunakan rute biasa atau umum. Kesiapan lainnya yakni barang bawaan atau bagasi JCH juga menjadi prioritas pihak bandara dan maskapai," kata Anwar.

Ia mengungkapkan, penjagaan keamanan di bandara melibatkan aparat TNI dan Polri selain KP3 Bandara Karel Sadsuitubun.

Sesuai rapat koordinasi baik dengan Pemerintah Daerah, Kantor Kemenag, Kepolisian, TNI, dan Pihak Maskapai, para pengantar JCH Tual maupun Malra akan dibatasi di luar pagar bandara.

Anwar berharap keberangkatan JCH tahun ini dapat berjalan sesuai koordinasi yang telah diatur. Prosedurnya, JCH menggunakan bis yang telah disediakan penyelenggara yang dapat langsung masuk ke apron Bandara dan langsung menuju pesawat.

Tahun ini, JCH asal Kota Tual yang berangkat sebanyak 105 orang, sedangkan asal Kabupaten Malra sebanyak 71 orang. 

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018