Ambon, 21/7 (Antaranews Maluku) - Sebanyak 277 calon haji (Calhaj) kloter 10 asal Maluku berangkat dari bandara Pattimura Ambon menuju Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sabtu, untuk bergabung dalam embarkasi Makassar.

Pemberangkatan pertama menggunakan maskapai Garuda Indonesia penerbangan regular, total penumpang 130 Calhaj yang terbagi Laki-laki 45 orang dan Perempuan 85 orang.

Pemberangkatan kedua menggunakan penerbangan tambahan GA 6412 total penumpang 147 Calhaj yang terdiri dari Laki-laki 48 orang dan Perempuan 99 orang, kata General Manager Angkasa Pura I Bandara Udara Pattimura Ambon, Amiruddin Florensius, Sabtu.

Ia mengatakan, pelayanan haji tahun 2018 pihaknya melakukan persiapan dan antisipasi pemberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) yakni, memberikan akses prioritas saat memasuki pelataran parkir, tolgate, hingga area parkir khusus.

Memberikan skala prioritas saat JCH memasuki area pemeriksaan securiti, check in, penanganan bagasi, ruang tunggu, hingga boarding.

Selain itu pihaknya juga menempatan petugas keamanan dari Polsek Kawasan Bandara dan TNI Angkatan Udara (AU).

"Kami juga mengaktifkan posko pelayanan Angkutan Udara Haji Tahun 2018 sebagai pusat informasi, serta melakukan koordinasi dengan pihak terkait seperti Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Maluku, PPIH, maskapai Garuda Indonesia, Gapura Angkasa, KKP, TNI/Polri, serta satuan kerja lain yang ada di Bandara Pattimura," tandasnya,

Sebelumnya, Manager Sales dan Service Garuda Indonesia cabang Ambon, Valentri Akila Rumambi menyatakan, siap melayani sebanyak 856 Calon Haji Provinsi Maluku pada 21- 23 Juli 2018.

"Tahun 2018 kita akan memberangkatkan 856 Calhaj menuju Makasar selanjutnya akan melakukan penerbangan lanjutan dari Embarkasi Makassar menuju Jeddah, sedangkan untuk kepulangan dijadwalkan 5-7 September," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya siap melayani JCH dengan tambahan tiga penerbangan diluar jadwal reguler setiap hari. Selama tiga hari akan ada extra Flight di tanggal 21-23 Juli, dan untuk jadwal kembali ke Ambon 5-7 September.

"Untuk jadwal penerbangan reguler Ambon - Makasar pukul 08.25 pagi, penerbangan ektra pukul 14.45 WIT. Sedangkan di tgl 5-7 penerbangan ekstra pukul 14.45 WIT. Sedangkan di tgl 5-7 penerbangan ekstra pukul 10.55 pagi dari Makasar menuju Ambon," ujarnya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018