Ternate, 26/7 (Antara) - Tim Satuan Kerja Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Maluku Utara (Malut) akan menyerahkan bantuan bagi petani di Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab) berupa bibit jagung dan padi.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Hotikultura (TPH), Distan Malut Masudin La Maibambu di Ternate, Kamis, mengatakan, bantuan itu disalurkan Kepada kelompok tani, namun untuk bantuan pupuknya sendiri akan diuangkan dan ditransfer ke rekening kelompok masing-masing.

Oleh karena itu, pihaknya sedang melakukan verifikasi data kelompok kelompok tani yang berada di Pultab guna mencari calon petani dan calon lahan untuk disalurkan bantuan pertanian.

Di samping itu, proses verifikasi tersebut dilaksanakan di Kantor Distan Pultab, Jalan Kramat, Kota Bobong, Kecamatan Taliabu Barat, Pulau Taliabu.

Selain itu, untuk bantuan tani tersebut berupa bibit dan pupuk yang akan dialokasikan kepada sejumlah kelompok tani yang tersebar di Pultab.

Ia menyebutkan kelompok tani yang bakal menerima bantuan sekitar 125 kelompok Tani jagung dan 15 kelompok Tani Padi Ladang berdasarkan data sementara yang ada di Distan Pultab.

Bahkan, pihak Distan Pultab sendiri akan mendampingi para petani untuk pengembangan pertanian di kelompok-kelompok Tani tersebut.

"Kami dalam penyaluran bantuan ini hanya mendampingi, sehingga saya berharap kepada kelompok tani agar nantinya bantuan ini bisa digunakan sebaik-baiknya untuk pengembangan pertaniannya," kata Masudin.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018