Ternate, 31/7 (Antaranews Maluku) - Kapal cepat mengangkut tujuh penumpang pegawai Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Wilayah XVI Ambon dari Ternate, Maluku Utara (Malut), Selasa, tujuan Pelabuhan Sofifi mengalami bocor dan tenggelam di perairan Goto, Tidore Kepulauan.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Ternate, M. Arafah di Ternate membenarkan tenggelamnya kapal itu dan penumpangnya sudah ditemukan dalam kondisi selamat.

Para penumpang itu di antaranya, Ka Satker BPJN Ambon, Mauludin Said Satar (51 tahun), M.Syafriudin M.S (35 tahun), Bahri Sangaji (33 tahun), Rahmat Yanuar (35 tahun), Anyong (38 tahun), Muh Kasim Majulah (32 tahun) dan Ajud Folasimo (39 tahun).

Kapal cepat tersebut bergerak dari Ternate menuju Sofifi, namun mengalami kebocoran kurang lebih di depan Pelabuhan Goto Tidore.

Mendapat informasi adanya kecelakaan itu, Tim Rescue SAR Ternate bergerak menuju lokasi dengan menggunakan KN Pandudewanata beserta peralatan evakuasi.

Saat itu, BPBD Tidore Kepulauan dan Perhubungan Laut bahwa seluruh korban berhasil diselamatkan dan saat ini keseluruhan korban berada di Pasar Sarimalaha utk dimintai keterangan serta pengobatan.

Salah seorang korban, Rahmat Yaunar mengatakan, awal keberangkatan dari pelabuhan Armada Semut, Kelurahan Mangga Dua, sekitar pukul 9.30 wit.

"Sekitar setengah jam perjalanan, saya lihat ke bawah tiba-tiba sudah ada air semua di lantai kapal cepat terus itu dan ABK turun ke bawah melihat pintu depan air masuk semua," jelasnya.

Saat itu, dalam kondisi panik mengambil life jacket, dan teman-teman pada naik di atas. Kapal cepat kemudian tenggelam dan ketika itu mereka kemudian berinisiatif menelepon rekan-rekan lainnya yang berada di Tidore, untuk memberikan pertolongan.

Akibat tenggelamnya kapal itu, penumpang dan ABK terjun ke laut hingga datang sejumlah bantuan penyelamatan.

"Saat itu, semua penumpang berjumlah tujuh orang, empat orang dari staf termasuk Kasatker 16 Wilayah Ambon dan tiga orang ABK " ujarnya.

Para korban kemudian dibawa ke pasar Sarimalaha untuk mendapatkan pengobatan dan dimintai keterangan.

Dalam beberapa saat kemudian, KN SAR 237 Pandudewanata bertolak dari Tidore menuju Pelabuhan Ahmad Yani, Ternate dengan membawa seluruh korban selamat.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018