Ambon, 20/8 (Antaranews Maluku) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menyalurkan puluhan hewan kurban ke sejumlah masjid di empat kecamatan menjelang hari raya Idul Adha 1439 Hijriah.

"Sebanyak 25 ekor sapi dan 50 ekor kambing telah disalurkan ke 50 masjid di kota Ambon," kata Sekretaris Kota Ambon, Anthony Gustaf Latuheru, Senin.

Secara simbolis, Pemkot Ambon pada 20 Agustus 2018 menyerahkan satu ekor sapi kepada Masjid Raya Alfatah untuk disembelih dan dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerima, sebagai bentuk kepedulian sosial.

Ia mengatakan, penyerahan hewan kurban merupakan bentuk kepedulian Pemkot Ambon, kepada kaum dhuafa, fakir miskin, janda dan anak yatim piatu yang membutuhkan.
 
Pemerintah Kota Ambon serahkan hewan untuk 50 masjid di kota itu. Penyerahan secara simbolis dilakukan di MasjId Raya Al Fatah, Senin (20/8) (Penina Mayaut)

Penyerahan hewan kurban sesungguhnya bukan sesuatu yang baru dilaksanakan Pemkot Ambon, karena rutin setiap tahun menjelang hari raya Idul Adha.

"Hewan kurban yang diberikan jangan dilihat dari jumlahnya, tetapi bentuk kepedulian pemerintah kepada warga yang membutuhkan.Kami berharap hewan kurban tersebut diterima dengan kegembiraan karena diberikan juga dengan hati yang ikhlas," katanya.

Anthony menjelaskan, pemotongan hewan kurban Idul Adha semuanya diatur oleh masyarakat setempat, pihaknya berharap pemotongan hewan kurban memenuhi standar kesehatan.

Hewan kurban yang diserahkan pihaknya ke sejumlah masjid, telah melalui proses pemeriksaan dan divaksinasi sebelum disalurkan kepada yang berhak menerimanya.

"Sebelum proses ditribusi hewan kurban, kami telah mengerahkan dokter hewan dan perwakilan kantor agama Kota Ambon untuk melakukan pemeriksaan, hasilnya semua hewan kurban yang diserahkan Pemkot bebas penyakit dan layak untuk dikonsumsi," tandasnya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018