Ambon, 7/9 (Antaranews Maluku) - Pakar media sosial (medos) Shafiq Pontoh ditetapkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon sebagai duta media sosial (medsos).

Penetapan itu dituangkan dalam Surat Keputusan Wali Kota Ambon nomor 371 tahun 2018, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-443 Kota Ambon, Jumat.

Wali Kota Richard Louhenapessy menyatakan, duta medsos sebagaimana dimaksud mempunyai tugas menggerakkan, mendorong dan memromosikan kota Ambon di bidang pemanfaataan teknologi informasi.

Menyebarkan tata cara bermedsos agar santun dan cerdas kepada seluruh pihak, mengoptimalkan pembangunan teknologi informasi, guna percepatan pembangunan di kota Ambon.

"Selain itu melakukan kegiatan positif lainnya, yang berkaitan dengan pengembangan teknologi informasi di Ambon," katanya.

Dijelaskannya, globalisasi informasi telah menjadi kebutuhan yang prioritas dalam pembangunan secara lokal, regional maupun nasional, sehingga menuntut upaya serius untuk mendorong penggunaan teknologi informasi secara optimal, merata, menyebar ke seluruh lapisan masyarakat, guna mencerdaskan kehidupan bangsa.

Perkembangan dan kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat menyebabkan perubahan kegiatan kehidupan manusia dalam masyarakat.

Richard mengakui, untuk mendorong percepatan Kota Ambon dalam kesetaraan pemanfaatan dan penggunaan teknologi informasi secara nasional maupun internasional, maka diperlukan duta medsos.

"Mewujudkan upaya tersebut maka kita menetapkan SK Wali Kota terkait penetapan Shafiq Pontoh sebagai duta medsos Ambon," tandasnya.

Shafiq Pontoh dalam kesempatan yang berbeda menyampaikan, penetapan dirinya sebagai duta medsos bukan sesuatu yang mudah, karena duta memiliki tanggung jawab memopulerkan atau mengekspos berbagai kegiatan agar diketahui orang banyak dan berdampak baik.

Duta media sosial secara tidak langsung berarti menjadi saluran bagi anak muda atau menjadi penggerak di literasi digital.

"Saya berharap tugas baru sebagai duta dapat diemban melalui kerjasama yang baik dengan teman-teman dan komunitas di Ambon. Saya Optimis sesuatu yang baik akan membawa dampak positif jika dikerjalan bersama," kata Shafiq.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018