Ambon, 26/9 (Antaranews Maluku) - Kapolda Maluku, Irjen Pol Royke Lumowa mengingatkan setiap anggota Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) harus memiliki sejumlah kemampuan khusus dalam menunaikan tugas dan tanggungjawabnya di tengah masyarakat.

"Ada enam kemampuan khusus yang harus dimiliki setiap personel Bhabinkamtimbas dalam menjalankan tugasnya sebab peran mereka sangat penting sebagai ujung ombak Polri di tengah masyarakat," kata Kapolda, di Ambon, Selasa.

Enam kemampuan tersebut mencakup penguasaan media sosial seperti memiliki akun medsos dan mampu mengoperasionalkan, melakukan deteksi dini, melakukan pencegahan dan penanganan terhadap konflik sosial, serta menguasai berbagai tekhnik penyuluhan.

"Kemudian setiap anggota Bhabinkamtibmas harus mampu membaca radikalisme di wilayahnya serta melakukan pendekatan dengan para tokoh sentral di desa dan memberikan informasi sekecil apa pun mengenai situasi Kamtibmas dalam bentuk laporan," tegas Kapolda.

Gelar apel Bhabinkamtibmas Polda Maluku ini diikuti 564 orang anggota Bhabinkamtibmas.
 
Apel Bhabinkamtibmas di Polda Maluku di Kota Ambon, Senin (25/9). Acara diikuti 564 orang anggota Bhabinkamtibmas. (Humas Polda Maluku)

Apel yang dihelat dalam rangka pelatihan peningkatan kemampuan itu bertujuan untuk mewujudkan Bhabinkamtibmas yang promoter dan siap mengamankan agenda Kamtibmas pada 2018/2019.

Kapolda menegaskan, Bhabinkamtibmas bukan untuk dilayani, tetapi sebaliknya harus mampu melayani masyarakat.

"Sebagai ujung tombak Polri di lapangan, Bhabinkamtibmas diminta dapat melakukan perubahan pemikiran negatif dan kulturset yang harmonis, simpatik, konsisten, serta mampu berinovatif guna membantu masyarakat di desa binaannya," tegasnya.

Kapolda juga meminta setiap personel Bhabinkamtibmas harus memiliki kemampuan dan pemahaman tentang tugas dan cara mengelola media informasi secara efektif sehingga mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada Polri.

Apel Bhabinkamtibmas yang diikuti ratusan anggota dari sembilan Kapolres jajaran, sembilan Kasat Binmas, ratusan personel Polres dan 10 personel Dit Binmas Polda Maluku ini juga dihadiri Irwasda, Kombes Pol Purwolelono dan para pejabat utama Polda Maluku.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018