Ternate, 30/11 (ANTARA News) - Berbagai kegiatan yang digelar dalam rangkaian Peringatan Hari Jadi Ternate (HJT) ke-768 di Ternate, Maluku Utara (Malut) tanggal 1-29 Desember 2018, diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang menyaksikannya.

"Salah satu kegiatan dalam rangkaian Peringatan HJT yang diharapkan dapat menarik minat wisatawan dari dalam dan luar negeri adalah Festival Kora-Kora, tanggal 1-3 Desember 2018," kata Ketua Panitia HJT ke-768 Sutopo Abdullah di Ternate, Jumat.

Pada festival yang masuk dalam 100 kegiatan pariwsata Kementerian Pariwisata itu akan ditampilkan berbagai kegiatan kebaharian, seperti parade perahu kora-kora serta berabagai atraksi seni budaya tradisional.

Menurut dia, kegiatan lain dalam rangkaian HJT ke-768 yang juga diharapkan bisa menarik minat wisatawan adalah bersepeda sambil menikmati wisata sejarah pada 9 Desember 2018 dengan melibatkan komoditas sepeda dari Ternate dan kabupaten/kota lainnya di Malut serta dari provinsi lain.

Kegiatan yang dipusatkan di kota Ternate itu akan menelusuri jalan-jalan utama di kota ini dan dalam perjalanan akan menyinggahi sejumlah objek wisata sejarah seperti Benteng Oranje, Benteng Toluko, Benteng Kalamata dan Kedaton Kesultanan Ternate.

Semua kegiatan dalam rangkaian Peringatan HJT ke-768, menurut Sutopo Abdullah, telah dipromosikan secara luas, bahkan khusus untuk Festival Kora-Kora dipromosikan melalui salah satu televisi nasional sehingga bisa diketahui wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Masih banyak lagi kegiatan dalam rangkaian HJT ke-768 yang bisa dinikmati wisatawan saat berkunjung di Ternate, disamping berbagai objek wisata lainnya di daerah ini, seperti objek wisata bahari berupa pantai dan panorama bawah laut, wisata alam berupa Danau Tolire dan kawasan cengkih afo serta berbagai sentra kerajinan.

Ia menambahkan, Peringatan HJT ke-768 juga dimanfaatkan untuk mempromosikan berbagai produk kerajinan di Ternate, seperit kerajinan batik, kerajinan perhiasan besi putih, kerajinan bambu cina serta berbagai kuliner khas Ternate.

Wisatawan yang akan berkunjung ke Ternate tidak perlu khawatirkan ketersediaan akomodasi, karena di daerah ini banyak hotel mulai dari hotel melati hingga hotel bintang empat, begitu untuk transportasi udara dari dan ke Ternate sangat lancar. 

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018