Ambon, 27/1 (ANTARA News) - Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk membangkitkan olah raga sepak bola yang sudah lama vakum di daerah ini.

"Saya rasa kita semua sependapat bahwa sepak bola di Maluku ini harus kita bangkitkan dan dikembangkan," kata Kapolda Irjen Pol Royke Lumowa saat membuka turnamen sepak bola milenial U-23 di Stadion Mandala Remaja Karang Panjang Kota Ambon, Minggu sore.

Pertandingan yang diikuti 12 tim sepak bola U-23 dari berbagai daerah di Provinsi Maluku ini akan memperebutkan Piala Kapolda Maluku. turnamen berlangsung mulai hari ini (Minggu, 27/1) hingga 10 Februari mendatang.

Menurut Kapolda, semua pemangku kepentingan harus bahu membahu mewujudkan cita-cita bersama, yaitu membawa sepak bola Maluku menembus liga 2 atau liga 1 Indonesia.

"Karena adik-adik banyak yang bermain bola di pinggir jalan. Tidak ada yang mewakili Maluku masuk liga 2 atau liga 1. Kita bangkit dan harus bisa," tuturnya.

Orang Maluku, katanya, banyak yang tampil sebagai pemain sepak bola, tetapi sayang banyak pemain muda handal tidak mampu membawa perwakilan Maluku menembus turnamen bergengsi di Indonesia.

"Masa hanya ada Persipura, Serui (Papua) yang masuk liga satu, PSM Makasar. PSIS Semarang, dan PSMS Medan saja. Harus ada juga kesebelasan yang mewakili Maluku," harapnya.

Pembukaan turnamen milenial U-23 Kapolda Maluku Cup 2019 diawali dengan pertandingan eksebisi antara pemain legenda dari PSA Ambon melawan Tulehu Putra.

Oleh karena itu, semangat para pemain muda U-23 harus melebihi pemain legendaris tersebut dan tentunya didukung oleh pemerintah dan semua pihak.

"Kita bekerja sama dengan PSSI, KONI, dan semua pihak terkait dan kita gerakkan pertandingan sepak bola meski kecil-kecilan, yang penting ada semangat, ada riak-riak, ada kegiatan turnamen yang betul-betul resmi," paparnya.

Inti digelarnya pertandingan tersebut, kata mantan Manager Bhayangkara FC ini adalah bagaimana dapat membawa keterwakilan sepak bola Maluku di divisi utama maupun divisi 2 Liga Indonesia.

"Cita-cita kita, bagaimana Maluku ada wakilnya di liga 2, liga 1 yang harus tampil, entah tahun berapa dan sudah harus disiapkan dari sekarang, dan jangan bikin malu Ambon karena di sini gudangnya pemain sepak bola," kata Kapolda.

Pembukaan turnamen sepak bola milenial U-23 Kapolda Maluku Cup 2019 dihadiri Exco PSSI Dirk Soplanit, Asprov PSSI Maluku Sofyan Lestaluhu, Wakil Ketua KONI Maluku Agus Lomo, perwakilan Pangdam XVI/Pattimura, Perwakilan Danlantamal IX/Ambon, Wakapolda Maluku, dan Pejabat Utama Polda Maluku.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019