Ambon, 2/3 (ANTARA News) - Peluncuran Kapal Motor Sabuk Nusantara 71 oleh Dirjen Lalu Lintas dan Angkutan laut Kementerian Perhubungan, Mokhamad Hasani di Galangan Kapal Semarang (Jateng), membuktikan kapal tersebut sudah siap melayani rute pelayaran perintis di perairan laut Maluku.

"Saya meninjau langsung kegiatan peluncuran kapal tersebut di galangan kapal Semarang sesuai janji, dan ditargetkan tanggal 13 Maret 2019 KM Sanus 71 sudah bisa tiba di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon," kata ketua komisi C DPRD Maluku Anos Yermias yang dihubungi dari Ambon, Sabtu.

Kapal baru ini akan mengisi rute KM Sabuk Nusantara 48 dari Pelabuan Yos Sudarso Ambon menuju sejumlah pulau di kawasan Maluku Tenggara hingga Maluku Barat Daya.

Menurut dia, akibat terbatasnya kru di galangan kapal Semarang dan saat ini mereka sementara mengantarkan KM Kendagha Nusantara VI ke Makassar (Sulsel) sehingga pengantaran KM Sanus 71 ke Maluku masih menunggu kedatangan mereka.

"Ada 20 orang yang mengantarkan KM Kendagha Nusanara VI ke Makassar, terdiri dari tujuh kru tekhnis dan 13 kru pelaut dan nantinya yang kru tekhnis tinggal di Makassar sementara sisanya kembali ke Semarang awal pekan depan," ujarnya.

Tujuh kru tekhnis ini nantinya akan melakukan clearens out KM Sanus 71 lalu diperkirakan tanggal 8 Maret sudah berlayar dari Semarang menuju Pelabuhan Ambon dan rencananya akan masuk tanggal 13 Maret 2019.

"KM Sanus 71 yang memilik panjang 68 meter dan lebar sekitar 15 meter ini dibangun dengan menggunakan dana dari APBN sebesar Rp76 miliar dan ukurannya hampir sama dengan KM Sabuk Nusantara 48 atau pun KM Sabuk Nusantara 72," tandasnya.

Masuknya kapal baru ini sudah merupakan kapal ketujuh dari rencana 15 kapal yang dijanjikan pemerintah ke Maluku secara bertahap.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019