Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Tanimbar akan mengusahakan seorang dokter spesialis mata untuk bertugas di RSUD dr. PP Magretty Saumlaki, guna menekan jumlah penderita katarak yang terbilang cukup tinggi.

Kepala Dinkes Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Juliana Ratuanak saat dihubungi dari Ambon, Jumat, mengatakan, kebutuhan terhadap ketersediaan dokter spesialis mata di daerah itu menjadi perhatian khusus pihaknya, karena angka penderita katarak di sana terbilang cukup tinggi, dalam setahun jumlahnya bisa mencapai 100-an penderita.

Tiga tahun lalu Kabupaten Kepulauan Tanimbar memiliki seorang spesialis mata, dr. Diana Oratmangun yang bertugas di RSUD dr. PP Magretty Saumlaki, tetapi kemudian pindah ke Manado, Sulawesi Utara pada 2016.

Sejak saat itu, daerah tersebut tidak lagi memiliki seorang spesialis mata sehingga masyarakat, khususnya dari kecamatan yang jauh kesulitan untuk memeriksakan mata mereka.

"Katarak di sini cukup tinggi, berdasarkan data hasil pemeriksaan oleh dokter spesialis mata yang dulu bertugas di sini, setahun angkanya bisa mencapai 100-an pasien yang berasal dari berbagai pulau di Tanimbar," katanya.

Menurut Juliana, pihaknya telah meminta kesediaan dr. Elna Anakotta dari RSUD dr. M. Haulussy Ambon untuk juga melakukan pelayanan kesehatan mata di RSUD dr. PP Magretty Saumlaki, dengan jadwal dua kali dalam sebulan.

"Kami memang sudah menyampaikan secara langsung kepada dr. Elna untuk bisa membantu menangani masalah kesehatan mata, terutama katarak. Kami akan segera menyurati Dinkes Provinsi Maluku terlebih dahulu," katanya.

Terkait masalah penanganan kesehatan mata, khususnya katarak di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, saat ini Palang Merah (PMI) dan Komite Internasional Palang Merah (International Commitee of the Red Cross - ICRC) sedang melaksanakan operasi katarak dan pembagian kacamata baca gratis RSUD dr. PP Magretty Saumlaki dengan melibatkan spesialis mata dr. Elna Anakotta dan dr. Miranda Therik-Johannes dari RSUD Ba'a Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur(NTT).

Beberapa hari sebelumnya ICRC dan PMI juga menggelar kegiatan yang sama di RSUD dr. D Anatototi Larat (1 - 2 April). Sedikitnya ada 938 orang dari berbagai desa yang menjalani "screening" mata dalam kesempatan itu.

Juliana mengatakan pihaknya sangat berterima kasih kepada ICRC dan PMI yang telah membantu pihaknya menurunkan angka penderita katarak di daerahnya. Ia berharap kegiatan seperti itu dapat berlanjut di daerahnya, tidak hanya pengobatan mata, tetapi juga pengobatan lainnya, karena Kepulauan Tanimbar masih kekurangan tenaga spesialis kesehatan lainnya.

"Kami sangat berterima kasih kepada ICRC dan PMI, di sisi kesehatan kami sangat terbantu untuk wilayah-wilayah kepulauan seperti ini. Kami berharap kegiatan ini boleh berlanjut demi kemanusiaan, bisa dalam bentuk lain pun kami tetap akan ikut mendorong dan membantu," ucap Juliana.

Sementara itu, Menejer Program Kerjasama ICRC Indonesia Freddy Nggadas dalam kesempatan berbeda mengatakan pelaksanaan bakti sosial operasi katarak dan pembagian kacamata baca di wilayah Kepulauan Tanimbar telah diagendakan sejak setahun lalu.

Kepuluan Tanimbar menjadi perhatian menjadi perhatian ICRC, karena daerah tidak memiliki dokter mata dan belum pernah ada pelaksanaan program sosial kesehatan mata di daerah itu.

"Awalnya kami memilih Kabupaten Maluku Barat Daya, tapi kemudian kami memutuskan ke Kabupaten Kepulauan Tanimbar karena mereka yang paling siap, selain itu pemerintahnya juga langsung merespon untuk program ini," kata Freddy.

Sekretaris PMI Provinsi Maluku Herry Latuheru mengatakan berbeda dengan program operasi katarak dan pembagian kacamata baca gratis yang dilaksanakan oleh ICRC dan PMI pada tahun-tahun sebelumnya di Maluku, pihaknya juga menggandeng Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Maluku untuk pelaksanaan IVA Test (inspeksi visual asam asetat).

"Kanker serviks masih menjadi pembunuh nomor satu perempuan di dunia, IVA test merupakan salah satu cara untuk mendeteksinya karena tingkat keakuratannya juga cukup baik. Kami berharap pelaksanaan IVA test bisa membantu kaum perempuan di Tanimbar," ucap Herry.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019