Sekretariat DPRD Maluku telah mengagendakan pelaksanaan rapat paripurna istimewa untuk mendengarkan penyampaian pidato pengantar Gubernur terpilih Murad Ismail usai dilantik oleh Presiden, Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara pada  24 April 2019.

"Pelantikan Gubernur dan Wagub Maluku terpilih Murad Ismail-Barnabas Orno akan dilangsungkan pada 24 April 2019 dan DPRD Maluku akan menggelar rapat paripurna istimewa pada 29 April 2019," kata Plh Sekretaris DPRD setempat, Bodewyn Wattimena di Ambon, Senin.

Penetapan waktu pelaksanaan rapat paripurna istimewa ini dilakukan sesuai hasil konsultasi DPRD dengan Gubernur terpilih.

Pasangan Murad - Barnabas akan dilantik oleh Presiden sesuai pemprov menerima surat dari Kementerian Dalam Negeri yang ditandatangani Plt Dirjen Otonomi Daerah, Drs Akmal Malik atas nama Mendagri tertanggal 18 April 2019.

Surat berklasifikasi sangat segera dengan Nomor: T/005/2363/OTDA ini meminta kehadiran Plh Gubernur Maluku dan staf untuk melaksanakan rapat persiapan pelantikan pada 22 April 2019 bertempat di Kemsesneg pukul 11.00 WIB.

Menurut dia, pelantikan pasangan Gubernur-Wagub Maluku terpilih oleh Presiden ini sudah final dan surat undangan paripurna istimewanya sudah ditandatangani untuk disebarkan kepada seluruh pimpinan dan anggota DPRD Maluku.

"Kalau agenda lainnya seperti pesta rakyat itu hajatannya bukan di DPRD provinsi Maluku, melainkan Pemprov setempat," katanya.

Dia juga mengakui sekarang masa reses 45 anggota DPRD Maluku sudah berakhir, dan 29 April 2019 itu seluruh pimpinan dan anggota legislatif akan hadir pada paripurna istimewa guna mendengarkan pidato Gubernur.
 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019