HUT ke-118 PT. Pegadaian (Persero) tahun 2019 di Maluku dirayakan secara meriah dengan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh PT. Pegadaian Area Ambon bagi lingkungan internal dan bagi masyarakat Maluku di Kota Ambon.

Selain upacara , kegiatan olah raga , family gathering, dan berbagai perlombaan antar pegawai, ada pula kegiatan CSR dan bakti sosial kepada masyarakat.

Asih Subekti, Vice President PT. Pegadaian Area Ambon, menjelaskan, perusahaan ini memiliki program bina lingkungan yaitu Clean and Gold.

Clean itu maksudnya bersih-bersih secara hati, administrasi, dan lingkungan. Wujud dari bersih lingkungan adalah menjalin kerja sama dengan komponen masyarakat.

Tahun ini temanya khusus bank sampah. Kegiatan yang sudah dilakukan adalah menjalin kemitraan dengan Bank Sampah Alstonia di Kota Ambon, sudah diresmikan tanggal 11/4/2019 , dalam menyambut HUT ke-118 PT. Pegadaian (Persero) pada 1/4/2019.

Kegiatan itu untuk mendukung program pemerintah.

Adapun bersih-bersih hati, wujudnya adalah kegiatan bersifat keagamaan , di antaranya membantu sarana di tempat-tempat ibadah.

"Tahun ini kami realisasikan dalam bentuk bakti sosial di pondok pesantren Ishaka dan panti asuhan Maria Meditrix Ambon , sudah dilakukan pada 23/4/2019. Kemudian bersih-bersih administrasi, ini sifatnya internal, berlaku untuk administrasi operasional di semua unit kerja Pegadaian," kata Asih.

Menyangkut program bantuan untuk masyarakat di Maluku, Asih mengatakan bahwa sebagai lembaga non perbankan, Pegadaian Area Ambon memiliki banyak program untuk membantu masyarakat dalam memperoleh modal untuk mengembangkan usaha.

"Pegadaian punya program kemitraan untuk membantu pengusaha mikro dan pedagang-pedagang kecil. Di antaranya pemberian kredit ringan dan investasi," kata Asih.

Sistemasi kerja berbasis internet dalam revolusi industri 4.0 juga sudah diterapkan oleh Pegadaian lewat aplikasi PDS (Pegadaian Digital Service). Aplikasi ini bisa diunduh oleh masyarakat dari aplikasi playstore, untuk kemudahan bertransaksi cepat melalui gadget.

Pewarta: Gaby Sembiring

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019