Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut) menggelar operasi ketupat Kieraha-2019 yang bertempat di halaman Mapolda Malut untuk mengecek kesiapan personel, peralatan dan seluruh aspek operasi termasuk sinergitas dan soliditas komponen penyelenggara.

Kapolda Malut, Brigjen Pol Suroto saat membacakan amanat Kapolri, Selasa, mengatakan operasi tahun ini memiliki karakteristik yang khas karena dilaksanakan bersamaan dengan Pemilu 2019, sehingga Potensi Kerawanan yang akan dihadapi semakin Kompleks.

Oleh karena itu, dalam mengantisipasi terhadap gangguan stabilitas kamtibmas, maka dilakukan apel gelar pasukan ini diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran.

Dalam Operasi Ketupat Kieraha-2019 ini, Polda Malut melaksanakan selama 13 hari terhitung 29 Mei hingga 10 juni 2019 dengan jumlah personel operasi sebanyak 644 orang yang terdiri dari Polda Malut sebanyak 148 orang dan Polres jajaran sebanyak 496 orang.

Operasi ini mengedepankan Kegiatan Turbinjali, Kamseltibcar Lantas, Lidik Sidik dan Banops dalam rangka Pengamanan Idul Fitri 1440 H, guna mewujudkan situasi Kamtibmas dan Kamseltibcar Lantas yang kondusif, sehingga Masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman.

Menurut Kapolda, tujuan yang hendak dicapai dari pelaksanaan gelar pasukan ini yaitu untuk mengecek kesiapan personel, peralatan dan seluruh aspek operasi termasuk sinergitas dan soliditas komponen penyelenggara serta untuk menunjukkan kesiapan penyelenggaraan operasi kepada publik sehingga akan menumbuhkan ketenangan, rasa aman, dan nyaman bagi masyarakat.

Selain itu, dilakukan persiapkan secara optimal seluruh aspek penyelenggaraan operasi dalam pertahankan kesiapsiagaan dan kewaspadaan seluruh personel, menjaga dan pelihara soliditas dan sinergitas seluruh komponen penyelenggara operasi.

"Saya telah menginstruksikan ke seluruh jajaran untuk melaksanakan tugas dengan penuh semangat dan tanggung jawab serta kebanggaan," kata Kapolda.

Kegiatan ini dihadiri oleh Forkopimda Maluku Utara, TNI, Instansi terkait, Pejabat Utama Polda Malut serta seluruh personel Polda Malut.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019