Keseriusan PT. Pegadaian Area Ambon untuk merekrut masyarakat Maluku menjadi Agen Pegadaian akhirnya dibuktikan secara resmi dengan diselenggarakannya acara "Mini Gathering Bersama Agen Pegadaian" yang dilangsungkan pada 22 Juni 2019 di The Gade Coffee and Gold di Kota Ambon.

Kegiatan yang dikoordinir oleh Divisi Pemasaran PT. Pegadaian Area Ambon ini dihadiri oleh Asih Subekti Vice President PT. Pegadaian Area Ambon , Syafrizal Assistant Deputy Bidang Pemasaran , Handri Rapa Assistant Deputy Bidang Ekonomi Mikro , Imanuel Manuputty Pimpinan Pegadaian Cabang Nusaniwe dan beberapa masyarakat Maluku yang sudah menjadi Agen Pegadaian.

Secara singkat dijelaskan oleh Syafrizal bahwa peluang untuk menjadi Agen di Pegadaian Area Ambon terbuka bagi siapa saja yang berminat , karena definisi Agen Pegadaian adalah masyarakat dalam hal ini bisa  perorangan maupun badan usaha , yang merupakan perpanjangan tangan dari Layanan Pegadaian. Jadi , semakin banyak jumlah Agen Pegadaian maka akan semakin banyak pula layanan yang bisa Pegadaian berikan kepada masyarakat.

Imanuel Manuputty , Pimpinan Pegadaian Cabang Nusaniwe , Kota Ambon menjabarkan tentang jenis Agen di Pegadaian.

"Agen di Pegadaian ini ada 3, yaitu Agen Pemasaran , Agen Pembayaran dan Agen Gadai. Fungsi dan wewenang Agen Pemasaran adalah memasarkan semua produk Pegadaian termasuk mengumpulkan data calon nasabah yang ingin melakukan transaksi produk hingga diproses di kantor Pegadaian. Sementara untuk Agen Pembayaran maka tugas dan wewenangnya adalah menerima pembayaran angsuran produk Pegadaian namun juga memasarkan produk Pegadaian. Begitu pula dengan menjadi Agen Gadai , fungsinya adalah menjadi tempat untuk melayani transaksi pencairan kredit Produk Pegadaian KCA / Gadai , menjadi tempat pembayaran bagi nasabah untuk melakukan kewajibannya dalam mengangsur produk Pegadaian yang sudah diperoleh, tapi juga melakukan pemasaran semua produk Pegadaian," jelas Manuputty.

Dari Handri Rapa, pihaknya menjelaskan bahwa manfaat yang masyarakat peroleh dari menjadi Agen Pegadaian, yang utamanya adalah kepastian dalam menambah jumlah relasi yang artinya berpotensi menambah pelanggan usaha , kemudian memiliki penghasilan berdasarkan sharing fee yang nilainya kompetitif , meningkatkan kepercayaan masyarakat , serta akan menjadi tenaga pemasaran yang fleksibel dalam menjual semua produk Pegadaian.

Saat ini jumlah Agen Pegadaian di PT. Pegadaian Area Ambon sudah mencapai 15 orang yang tersebar di Seram Bagiat Barat , Suli , Waai , Paso dan Kota Ambon.
Syafrizal optimis bahwa jumlah itu akan terus bertambah karena melihat hasil kinerja Agen Pegadaian dari PT. Pegadaian Area Ambon periode 2018-2019 yang mampu meraih omzet cukup tinggi dalam skala Pegadaian Wilayah Makassar yang menaungi Pegadaian Area Ambon.

Pewarta: Gabby Sembiring

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019