Kalau melihat ada pejabat kepolisian berseragam lengkap dengan pangkat dua bintang di bahu yang rela meninggalkan mobil dinas, sopir dan ajudan pribadi dan menaiki becak mungkin merupakan sesuatu yang janggal dan jarang terjadi.

Namun lain halnya dengan Kapolda Maluku, Irjen Pol Royke Lumowa, di Ambon, Rabu, membuat sejumlah warga Kota Ambon menjadi terheran-heran bercampur kagum ketika melihat sang jenderal polisi ini duduk santai dalam sebuah becak.

"Bahkan abang becak yang membawa Kapolda juga ikut-ikutan bangga dan senang mengayuh becaknya dari kawasan Waihaong, kecamatan Nusaniwe sampai tiba di Mapolda Maluku di kawasan Batumeja, kecamatan Sirimau, kota Ambon," kata Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Moh. Roem Ohoirat di Ambon, Rabu.

Menurutnya, Kapolda Maluku baru selesai mengikuti acara halal bihalal yang diselenggarakan salah satu institusi dan berlangsung di Gedung Islamic Center Ambon.

Padatnya kendaraan bermotor yang parkir di seputaran areal gedung dan menghalangi mobil dinas Kapolda membuat sang jenderal polisi ini memilih menaiki becak yang sementara parkir di sekitar lokasi tersebut.

"Aksi yang dilakukan oleh Kapolda itu, karena mobil dinas beliau terhalang mobil lain di kawasan gedung Islamic Center di Waihaong Ambon sehingga secara spontan beliau naik becak," jujar Kabid Humas.

Kapolda naik becak ini sempat mendapat perhatian dari masyarakat di kawasan Waihaong, kota Ambon, bahkan ada yang sempat mengabadikannya.

"Saat beliau naik becak masyarakat merasa heran karena baru  melihat jenderal bintang dua dengan seragam lengkap naik becak," katanya.

Dikatakannya, Kapolda naik becak dari kawasan Waihaong melintasi Jalan Sultan Baabullah, A.M Sangadji, Paradise Tengah, Jalan Pala, Jalan Raya Pattimura dan masuk Mapolda Maluku.

Irjen Pol Royke Lumowa adalah seorang pria berusia 56 tahun yang lahir di Ujungpandang (sekarang Makassar), Provinsi Sulawesi Selatan pada 16 September 1962.

Beberapa hari sejak ditunjuk Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian sebagai Kapolda Maluku pada 13 Agustus 2018, Irjen Pol Royke Lumowa meninggalkan ruang kerjanya jelang sore hari untuk melihat kemacetan di jalan raya.

Tradisi ini pun terus berlangsung hingga saat ini, di mana  waktu-waktu tertentu para pejabat utama Polda turun ke jalan raya untuk mengatur langsung arus lalu lintas.

Lulusan Akademi Kepolisian RI pada 1987, PTIK 1996, hingga Sespati 2010 ini juga membuat gebrakan baru di tubuh Polda Maluku dan jajarannya di mana setiap Selasa diwajibkan ke kantor bersepeda, dengan tujuan agar mengurangi kemacetan di jalan raya.

Bahkan menjelang HUT Bhayangkara ke-73 pada  1 Juli 2019, aktivitas gowes sinergitas antara Polri, TNI dan masyarakat terus dilakukan baik di pulau Ambon maupun Seram oleh mantan Kakorlantas Polri ini.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019