Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI. I N. G. Ariawan, melepas keberangkatan kontingen Armada III yang akan mengikuti Pekan Olahraga Wilayah Timur (Porwiltim) di Surabaya, Jawa Timur, 15-22 Juli 2019.

Pelepasan tim Porwiltim dilakukan dalam upacara dipimpin Pangkoarmada III I N. G. Ariawan, dalam upacara khusus berlangsung di markas komandan Pangkalan Utama TNI-AL (Lantamal) IX/ Ambon, Sabtu.

Pangkoarmada III, Ariawan menyatakan, sejalan dengan kebijakan Pimpinan TNI-AL pembinaan personel, kesamaptaan jasmani menjadi faktor penopang utama dalam mewujudkan profesionalisme prajurit, tugas pokok TNI-AL dapat terlaksana secara optimal, apabila prajurit sebagai pengawak organisasi memiliki kesamaptaan jasmani yang handal.

Menurutnya Porwil TNI-AL merupakan agenda tahunan yang digelar pimpinan institusi tersebut untuk menciptakan kesamaptaan prajurit yang handal, sekaligus wahana dan parameter keberhasilan pembinaan yanus olahraga di lingkungan Koarmada III.

Dia berharap pimpinan kontingen serta seluruh atlet dan ofisial yang terpilih mewakili Koarmada III dapat menjaga kehormatan dan citra yang dipercayakan oleh institusi.

"Tampilkan seluruh kemampuan yang saudara miliki dengan semangat militansi tinggi dan pantang menyerah serta selalu berpegang teguh pada sportivitas dan tetap menjalin soliditas," ujarnya.

Dia berharap seluruh kontingen dapat menampilkan kemampuan terbaik serta mematuhi semua tata tertib pertandingan.

"Ingat bahwa kita bertanding melawan rekan sesama anggota TNI-AL. Jaga dan pelihara serta menjunjung tinggi nuansa persaudaraan dan persahabatan," ujarnya.

Dia juga mengingatkan para peserta untuk menjaga kondisi kesehatan, memperhatikan pola makan, pola istirahat serta melakukan pembinaan fisik selama pelayaran menuju Surabaya, serta mematuhi semua peraturan yang telah ditetapkan dan menghormati keputusan wasit.

Selain itu, mengerahkan seluruh kemampuan dalam setiap pertandingan dan menunjukkan semangat juang tinggi dan pantang menyerah, raih prestasi dengan dilandasi moral yang terpuji dan jaga kehormatan dan citra yang baik.

"Junjung tinggi sportivitas dalam bertanding dan berjiwa ksatria dalam menghadapi lawan-lawan kalian," katanya.

Seluruh tim juga diminta untuk memupuk kerja sama dan kekompakan serta menciptakan situasi kondusif agar pertandingan dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar.

Kontingen Porwiltim Koarmada III berangotakan 55 atlet dan ofisial akan berangkat menuju Surabaya menggunakan KRI Teluk Lada – 521 dari Dermaga Irian Lantamal IX Ambon, Sabtu.

Tim Porwiltim Koarmada III akan mengikuti beberapa cabang olahraga diantaranya sepak bola, bola voli, tenis lapangan, renang, selam, dayung dan olahraga air lainnya.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019