Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara mengagendakan berbagai kegiatan untuk meramaikan peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI.

Pantauan Antara di Langgur, kegiatan yang dilangsungkan hingga hari Jumat ini diantaranya reli sepeda, festival seni dan budaya, sepeda hias, gerak jalan indah, serta kirab kebangsaan dan kemerdekaan, dan juga malam hiburan yang diisi oleh penyanyi rap ibu kota, Iwa K.

Rely sepeda mengawali seluruh acara jelang HUT kemerdekaan dilangsungkan pada 13 Agustus, dimana rute yang dilewati oleh ratusan peserta dari berbagai unsur sudah menarik perhatian publik terutama di desa-desa yang dilalui.

Reli sepeda ini juga merupakan yang pertama kali dilangsungkan di wilayah tersebut dan dipimpin langsung oleh Bupati Malra M Thaher Hanubun.

Pada hari yang sama juga dilangsungkan pembukaan festival seni dan budaya, bertempat di lapangan upacara kantor baru bupati di jalan Langgur-Debut, dimana festival ini dilangsungkan hingga hari ini diberbagai titik berbeda dan menampilkan seni dan budaya Kepulauan Kei serta berbagai tarian berbagai daerah di nusantara, selain permainan tradisional yang keseluruhannya diperagakan oleh siswa siswi asal SD dan SMP.

Pada Rabu (14/8), konvoi sepeda hias yang dikendarai oleh ratusan siswa siswi SD hingga SMP mewarnai jalanan di Langgur Ibu Kota Kabupaten Malra.

Sementara itu, gerak jalan Indah yang dilangsungkan pada tanggal 15 Agustus juga tak luput dari perhatian publik terutama di wilayah Kei Kecil, dimana gerak jalan ini diikuti oleh berbagai kalangan dari anak hingga dewasa maupun orang tua dan pelaksanaannya sendiri berjalan lancar dan aman.

Hari ini, satu kegiatan yang juga pertama kali dilangsungkan di wilayah tersebut mendapat simpati publik yakni kirab kebangsaan dan kirab kemerdekaan menyusuri jalanan ibu kota Malra.

Kirab kebangsaan dan kemerdekaan ini dibuka dan diikuti langsung oleh Bupati maupun Wakil Bupati Malra, peserta kirab diisi oleh sejumlah siswa siswi SD hingga SMA/SMK, Guru, serta pimpinan OPD dan jajaran.

Kirab ini menampilkan busana nusantara yang dikenakan siswa-siwsi SD, warna dominan merah putih ciri khas Indonesia yang dikenakan sebagian besar peserta.

Yang menarik juga dalam kirab ini selain bendera-bendera merah putih ukuran kecil hingga sedang yang dibawakan pesrta kirab, juga ditampilkan jahitan kain merah putih sepanjang 500 meter yang dibawa oleh peserta kirab mulai dari titik awal kirab hingga ke garis finis di depan gedung kantor DPRD Malra, kirab ini sendiri juga diiringi oleh marching band dari berbagai sekolah di Malra, giat ini juga berlangsung aman dan lancar.

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019