Bripka Edwin Richardo Mangare, anggota Samapta Polda Maluku yang selama ini membina ratusan anak jalanan di Kota Ambon, mendapatkan penghargaan khusus dari Kapolri, Jenderal Polisi Idham Azis berupa kenaikan pangkat luar biasa menjadi aipda.

"Hari ini Aipda Edwin Mangare merupakan contoh teladan bagi kita semua sebab diberikan kenaikan pangkat luar biasa atas prestasinya mendirikan rumah singgah untuk membina anak-anak jalanan di Maluku, khususnya Kota Ambon," kata Kapolda di Ambon, Senin.

Penegasan Kapolda disampaikan saat memimpin upacara kenaikan pangkat luar biasa Aipda Edwin di lapangan Letkol C.H Tahapary, Tantui, Ambon.

Kapolda mengatakan, penghargaan yang diberikan dari Kapolri kepada Edwin Mangare yang awalnya berpangkat bripka menjadi aipda dan prestasi seperti ini harus menjadi contoh bagi personel lainnya.

Menurut mantan Kakorlantas Polri ini, tindakan yang dilakukan Aipda Mangare sebenarnya merupakan cita-cita pendahulu Polri sebagaimana yang tercantum dalam tri brata dan catur prasetya.

"Saudara Edwin Richardo Mangare merangkul dan membina anak-anak jalanan yang hidupnya tanpa arah tujuan, namun dibinanya. Bahkan saya yakin bahwa saudara Edwin membina mereka agar menjadi baik tanpa berpikir kalau dia akan dapat penghargaan seperti ini," ujar Kapolda.

Orang nomor satu di Polda Maluku ini yakin masih banyak personel Polri di Maluku yang berprestasi, namun belum muncul ke permukaan.

"Kenaikan pangkat luar biasa ini merupakan motivasi bagi personel Polda Maluku dan dapat dibanggakan. Mulai dari polisi teladan Tahun 2019, Bripka Bastian Tuhuteru, Bhabinkamtibmas Desa Passo, Bripka Arthur, dan Aipda Edwin Mangare. Polda Maluku luar biasa, seperti alamnya yang mempesona," kata Kapolda.

Untuk diketahui, kenaikan pangkat luar biasa dari bripka ke aipda sesuai Surat Keputusan Kapolri Nomor KEP/2359/XI/2019, tertanggal 29 November 2019 yang ditandatangani Kepala Biro Binkar AS SDM Mabes Polri Brigjen Pol. Dr. Dedi Prasetjo, M.Hum.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020