Sejumlah lokasi yang menjual kue untuk berbuka puasa, baik di kawasan Waihaong depan Masjid Raya Alfatah maupun desa Batu merah, Kota Ambon ramai pengunjung.

Pantauan Antara di depan Masjid Raya Alfatah Ambon, Kamis petang, terlihat banyak pengunjung yang merapat ke meja jualan untuk memilih dan membeli kue kebutuhan berbuka puasa bersama di rumah.

"Kebetulan tinggal berdekatan dengan lokasi penjualan kue di Masjid Alfatah, makanya mampir untuk membeli kue," kata warga Kelurahan Seilale, Waihaong, Hamidah.

Ia memgatakan sejak dibukanya lokasi jualan kue berbuka mulai dari hari pertama sampai sekarang, keluarganya membeli kolak pisang maupun kacang hijau sebagai makanan berbuka bersama dengan ditambah beberapa jenis kue yang disenangi.

Kolak pisang maupun beras ketan dan beras kacang hijau serta es palu putung masing - masing dijual dengan harga Rp10.000/porsi.

Husein, yang ditemui saat membeli kue asida sebanyak lima buah, mengatakan dirinya sudah terbiasa berbuka bersama di rumah dengan menyantap kue lapis dan es buah.

Pedagang di lokasi depan Masjid Al Fatah menjual berbagai jenis es mulai dari es buah, es campur, es palu butung, es pisang ijo, es kacang, es kacang hijau, dan es kepala.

Ny. Marni bersama anaknya Jihan yang terlihat sibuk melayani para pembeli, mengatakan, sejak hari pertama puasa warga yang berbelanja sangat menggemari berbagai jenis es terutama es campur dan pisang ijo.

"Kalau saya dan anak ini jualan berbagai jenis es dari pukul 15.00 -  20.30 WIT. Es yang terjual mencapai 55 hingga 60 gelas, di mana harga es rata-rata Rp10.000/gelas," katanya.

Erni, yang berjualan kue di dekat Ny. Husein, mengatakan, beberapa jenis kue yang ia jual diambil dari orang lain yang membuatnya.

"Kalau kue lapis bawel diambil Rp2.000/ potong dan dijual Rp3.000/potong, lontar susu Rp2.500/potong dijual Rp3.500/ potong," katanya.

Sedangkan, kue panakuk, mendud, janda, panada, bolu kukus, cara, cucur dan gogos masing -masing Rp5.000/empat buah, pisang keju Rp5.000/empat buah, herkules ukuran kecil Rp1.500/buah dan ukuran besar Rp3.000/buah, disamping itu Erni juga menjual nasi kuning, nasi goreng, ayam lalapan dan ikan bakar.

Pewarta: John Soplanit

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020