Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon mengintensifkan pengasapan guna mengantisipasi penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD).

"Pengasapan dilakukan di sejumlah lingkungan rawan endemik DBD, di mana sudah terdapat kasus positif DBD dan telah dilakukan penyelidikan epidemiologi (PE)," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon Wendy Pelupessy di Ambon, Kamis.

Pengasapan dilakukan seiring dengan intensitas hujan yang meningkat mengguyur seluruh kawasan Kota Ambon, terutama di beberapa kawasan yang rawan penyebaran DBD.

"Sebelumnya warga di kawasan endemik DBD berharap pemkot untuk segera melakukan program pengasapan dengan harapan penyebaran kasus penyakit dapat diminimalisir," katanya.

Dia menjelaskan pengasapan merupakan kegiatan setiap tahun untuk mencegah penyebaran nyamuk aedes aegypti saat terjadi pergantian musim, untuk menjaga kesehatan masyarakat.

Pihaknya juga menggiatkan abatesasi secara gratis kepada masyarakat. Warga dapat memperoleh abate di puskesmas terdekat.

"Tinggal ambil atau minta di puskesmas atau puskesmas pembantu secara gratis," ujarnya.

Ia mengimbau masyarakat lebih intensif menjaga kebersihan lingkungan dengan melakukan 3M Plus, mengingat sekarang ini sudah masuk musim hujan.

Sejak Januari hingga Juni 2020 , jumlah kasus DBD di Kota Ambon 35 kasus dengan tiga kasus kematian.

"Jumlah ini mengalami penurunan kasus dibanding tahun 2019," kata dia.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020