Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut) melalui Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) menyiapkan anggaran untuk pengadaan 50 ekor sapi (hewan kurban) menjelang perayaan Idul Adha 1441 Hijriah. 

Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Malut, Dihir Bajo melalui siaran pers, Sabtu, mengatakan, 50 ekor sapi kurban tersebut nantinya akan dibagikan ke 10 kabupaten/kota yang ada di provinsi ini. 

"Tentunya, untuk persoalan anggaran sudah ada dan tinggal diusulkan sesuai dengan arahan Gubernur. Pastinya anggaran yang disiapkan itu untuk 50 ekor sapi kurban," katanya.  

50 ekor sapi yang disiapkan tersebut, Pemprov menyiapkan anggaran kurang lebih Rp700 juta. Pasti semua kabupaten/kota mendapatkan sapi yang akan disalurkan Pemprov Malut, terutama akan difokuskan penyalurannya ke Sanana, karena bertepatan dengan masyarakat yang terkena bencana banjir Waitina pada pekan lalu.

Menurut  Dihir,   Malut kali ini juga akan mendapat bantuan satu ekor sapi kurban dari Presiden Republik Indonesia H. Joko Widodo dengan berat lebih dari perayaan Idul Adha 1440 Hijriah. 

"Sebelumnya sapi dari Presiden itu beratnya 800 Kg, tetapi  pada perayaan 2020 rencananya mencapai 1 ton," katanya.

Untuk lokasi pemotongan sapi kurban dari Presiden,  lanjut Dihir, sesuai dengan arahan Gubernur penyembelihannya  dilakukan di wilayah Sidangoli.

"Gubernur telah memberikan sinyal kalau untuk penyembelihan hewan kurban yang disumbangkan Presiden Jokowi akan dilakukan di Sidangoli dan lokasi itu telah ditinjau," ujarnya.

Karena itu, kata Dihir,  Gubernur Malut menginginkan agar semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemprov Malut dapat menyalurkan atau memberikan sumbangan masing - masing satu ekor sapi.  
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020