Gugus Tugas (Gustu) Percepatan dan Penanganan COVID-19 Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut)  membenarkan adanya tiga pejabat lingkup Pemkot setempat terpapar positif COVID - 19  saat menjalankan tugasnya selaku tim Gustu.

"Ketiga pejabat yang terpapar COVID-19 itu bertugas di tiga organisasi perangkat daerah (OPD) yakni Dinas Perhubungan, Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ternate," kata Juru Bicara Gustu Kota Ternate Muhammad Sagaf Assagaf di Ternate, Selasa.

Dia mengatakan satu pejabat Disperindag Kota Ternate berinsial HY dinyatakan positif COVID-19. Namun, kondisi bersangkutan saat ini mulai membaik dan sedang menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Chasan Boesoiri Ternate.

Sementara itu, Kabag Operasi Satgas COVID-19 Kota Ternate mengatakan yang terkonfirmasi positif di Dinas Perindag adalah Kepala Disperindag Hasyim Yusuf bersama delapan kasus baru di urutan ke dua pada 12 Juni 2020.

"Kami akan melakukan tracking di kediaman maupun tempat kerjanya oleh tim survalance. Jadi, bukan saja Kadis Disperindag saja, melainkan dua pejabat yang terpapar COVID-19 yakni Dishub dan Diskomsandi Kota Ternate," ujarnya.

Sedangkan, Sekretaris Dinas Perindag Kota Ternate Rizal Santoso mengakui Kadis Perindag tidak ada riwayat perjalanan di luar daerah, malahan yang bersangkutan cenderung mengontrol penerapan protokol kesehatan di sejumlah pasar di Ternate.

"Kadis tidak ada perjalanan atau agenda ke luar daerah dan hanya mengontrol penerapan protokol kesehatan di pasar maupun mengikuti rapat di Posko Gugus Tugas Pemkot Ternate ," katanya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020