Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP)  COVID-19 Maluku Utara (Malut) menyatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan melalui laboratorium PCR BBLK Makassar dan RS Mitra Keluarga Jakarta dengan hasil negatif kedua berturut-turut, maka pasien sembuh sebanyak 21 orang.

"Dari 21 orang pasien sembuh COVID-19 ini berasal dari Kabupaten Pulau Morotai 15 orang, Halmahera Utara empat orang dan Halmahera Selatan dua orang," kata Juru Bicara GTPP COVID-19 Malut, dr Alwia Assagaf,M.Kes, di Ternate,  Senin.

Dia mengatakan, hingga 27 Juli 2020 sebanyak 295 orang di Malut dinyatakan sembuh dan meninggal dunia  46 orang.

GTPP COVID -19 Malut dalam sepekan terakhir memulangkan puluhan pasien positif berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) menjalani karantina di Sahid Hotel Ternate.

"Kami telah memulangkan sebanyak 41 pasien positif berstatus OTG, karena sudah melewati masa pemantauan selama 10 hari saat menjalani karantina," katanya.

Selain itu, puluhan pasien positif COVID-19 telah melewati masa pemantauan di berbagai karantina yang disediakan tim GTPP COVID - 19 Malut dipulangkan ke keluarganya seperti di Dragon Hotel, Hotel Vellya maupun Corner Hotel.

Alwia mengakui, pada 27 Juli 2020 ada penambahan pasien positif baru berjumlah 14 orang yang tersebar di Kabupaten Kepulauan Sula sembilan orang, Pulau Morotai tiga orang serta Tidore Kepulauan dan Halmahear Selatan masing - masing satu orang.

Sehingga, jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Malut hingga saat ini sebanyak 1.455 orang. 

GTPP COVID -19 Malut mencatat, kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) 1.262 orang, 96 Orang Dalam Pemantauan  dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP)  54 orang.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020